1. وَلَا
يَأْتُونَكَ بِمَثَلٍ إِلَّا جِئْنَاكَ بِالْحَقِّ وَأَحْسَنَ تَفْسِيرًا
– الفرقان: 33
Kata
tafsir pada ayat ini memiliki makna ….
a. penjelasan
b. pengungkapan d.
permisalan
c. perincian e.
pemaparan
2.
Berikut
ini yang bukan merupakan definisi tafsir adalah ….
a.
Ilmu
yang mempelajari al-Quran al-Karim dari segi pengertiannya terhadap maksud
Allah sesuai dengan kemampuan manusia
b.
Ilmu yang mempelajari tentang cara membaca
dan ragam membaca al-Qur’an yang dinisbatkan kepada para ulama dan memiliki
sanad sampai pada Rasulullah.
c.
Ilmu
yang mempelajari kitab Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. dan
penjelasan maknanya serta pengambilan hukum dan hikmah-hikmahnya
d.
Ilmu yang membahas cara mengucapkan lafadz-lafadz
al-Qur'an dan membahas petunjuk lafadz-lafadznya baik secara ifrad
maupun tarkib, membahas hukum-hukumnya dan kandungan makna yang termuat
dalam tarkib dan yang menjadi
kesempurnaannya
e.
Ilmu
untuk memahami kitabullah dengan menggunakan pengetahuan bahasa Arab dan
as-Sunnah, baik untuk memahami pengertian kata maupun susunan kalimatnya yang
berkaitan dengan akidah, syari'at dan adab kemudian melakukan istinbath
hukum untuk memecahkan berbagai problem di setiap tempat dan waktu.
3. وَعَصَى موسى رَبَّهُ Ayat ini mengandung marji’ dhamir yang….
a. diakhirkan secara lafadz dan urutan
b. diakhirkan secara lafadz saja
c. diawalkan dan dikandung oleh lafadz tertentu
d. diwalkan dan dilafalkan secara jelas
e. diawalkan dan ditunjuk oleh lafadz tertentu
4. وَإِذِ ابْتَلَى إِبْرَاهِيمَ رَبُّهُ بِكَلِمَاتٍ
فَأَتَمَّهُنَّ dhamir ghaib tunggal pada ayat tersebut marji’nya adalah
lafadz ….
a. وَإِذِ
b. ابْتَلَى
c. إِبْرَاهِيمَ
d. رَبُّ
e. كَلِمَاتٍ
5.
Ayat al-Qur’an berikut ini
yang mengandung marji’ dhamir yang
diakhirkan adalah…
a.
وَعَصَى آَدَمُ رَبَّهُ فَغَوَى
(طه:121)
b.
كُلُّ مَنْ عَلَيْهَا فَانٍ (الرحمن:26)
c.
اعْدِلُوا هُوَ أَقْرَبُ لِلتَّقْوَى
(المآئدة:8)
d. ثُمَّ جَعَلْنَاهُ
نُطْفَةً فِي قَرَارٍ مَكِينٍ (المؤمنون:13)
e.
قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ (الإخلاص:1)
6. Berikut ini adalah contoh
penggunaan isim nakiroh yang menunjukkan
makna tunggal adalah….
a. وَجَاءَ رَجُلٌ مِنْ اَقْصَى
المَدِينَةِ يَسْعَى
b.
وَلَتَجِدَنَّهُمْ
أَحْرَصَ النَّاسِ عَلَى حَيَاةٍ
c.
فَأْذَنُوا بِحَرْبٍ
مِنَ اللهِ
d.
أَئِنَّ لَنَا لأَجْرًا
e. مِنْ أَيِّ شَيْئٍ خَلَقَهُ
7. أَئِنَّ لَنَا لأَجْرًا
.Arti kata yang bergaris
bawah pada potongan ayat ini adalah ….
a. pahala dari Allah d. upah yang sesuai
b. pahala yang banyak e. upah yang banyak
c. balasan setimpal
8.
قُل هُو الله أحد
Penggunaan
kata ma’rifah berupa isim alam pada ayat ini bertujuan ….
a. menunjukkan keumuman d. menunjukkan
kedekatan
b. menghadirkan nama e. menghinakan
c. merahasiakan identitas
9. Lafadz yang di dalam al-Qur’an selalu
ditulis dalam bentuk mufrod adalah ….
a. الرَّسُول d. السَّمَاء
b. القَلْبُ e.الرِّيْحُ
c. النُّور
10.
Di antara hal yang menjadi faktor
munculnya tafsir pada masa Nabi adalah ….
a. berkembangnya ilmu pengetahuan
b. adanya pertanyaan dari sahabat
c. kebutuhan akan tafsir bir ro’yi
d. adanya usaha kodifikasi tafsir
e. lahirnya sekolah-sekolah tafsir
11.
Yang tidak termasuk tokoh tafsir di
kalangan sahabat adalah ….
a. Abdurrahman bin Auf d. Ibnu
Abbas
b. Ibnu Mas’ud e. Ubai bin
Ka’ab
c. Abu Musa al-Asy’ari
12.
Sepeninggal Rasulullah, para sahabat
dalam menafsirkan al-Qur’an senantiasa merujuk pada al-Qur’an dan Assunnah.
Jika tidak didapatkan pada keduanya mereka merujuk pada….
a. kitab-kitab sejarah d.
ijtihad mereka
b. kitab-kitab terdahulu e.
tradisi bangsa Arab
c. buku-buku ilmu pengetahuan
13.
Penafsiran al-Qur'an dengan al-Qur'an
sendiri atau dengan penjelasan dari Nabi atau sahabat atau tabi'in
disebut tafsir ….
- bi al-ma'tsur d. bi al-ro'yi
- bi al- dirayah e. bi al aqly
- bi al- mantuq
14.
Berikut adalah kelemahan tafsir bil
ma’tsur, kecuali ….
a. sulitnya melacak tafsir bil
ma’tsur
b. masuknya israiliyat yang
tidak sesuai dengan ajaran Islam
c. bercampurnya
riwayat-riwayat shahih dan dhaif
d. adanya tafsir sahabat
yang dipalsukan
e. adanya upaya orang
zindik yg ingin merusak Islam melalui tafsir bil ma’tsur
15.
Penafsiran al-Qur'an dengan ro'yu
atau ijtihad dapat diterima jika memenuhi beberapa syarat, antara lain ….
a. dilakukan
oleh seorang mujtahid
b. berdasarkan
periwayatan yang shahih
c. berdasarkan
pada al-Qur'an dan hadis
d. sejalah
dengan maksud syari’at
e. sesuai
dengan pemahaman sahabat
16.
Berikut
ini yang merupakan kitab tafsir bir ro’yi adalah ….
a.
Tafsir al-Qur’an al-Adzim Ibnu Katsir
b.
Jami’ al Bayan an Ta’wi Ayil Qur’an
c.
Shofwatut Tafasir
d. al-Bahr
al-Ulum
e.
Mafatih al- Ghaib
17.
Yang
merupakan kitab tafsir bil ma’tur berikut ini adalah ….
a. Al
Muharrir al-Wajiz d.
al-Kasyyaf
b.Mafatih
al-Ghaib e.
Tanzihul Qur’an
c. al
bahru al-Muhith
18.
Pernyataan yang bukan merupakan
faedah mengetahui asbabunnnuzul adalah…
a. memahami
kedudukan kalimat dalam ayat al-qur’an
b. mengatasai
keraguan dalam memahami pesan al-Qur’an
c. mengkhususkan
hukum yang diturunkan apabila redaksi ayatnya umum
d. mengetahui
hukum sebenarnya yang terkandung dalam al-Qur’an
e. menjelaskan
hikmah pemberlakuan hukum
19.
Makanan
yang halal, sehat dan bergizi sangat dianjurkan oleh Allah. Hal itu sesuai
dengan ayat…
a. يَا أَيُّهَا
الَّذِينَ آَمَنُوا لَا تَقْرَبُوا الصَّلَاةَ وَأَنْتُمْ سُكَارَى (النسآء:43)
b. يَا أَيُّهَا
الَّذِينَ آَمَنُوا لَا تُحَرِّمُوا طَيِّبَاتِ مَا أَحَلَّ اللَّهُ لَكُمْ وَلَا
تَعْتَدُوا (المآئدة:87)
c. وَتِلْكَ حُجَّتُنَا
آَتَيْنَاهَا إِبْرَاهِيمَ عَلَى قَوْمِهِ نَرْفَعُ دَرَجَاتٍ مَنْ نَشَاءُ (الأنعام:83)
d. يَسْأَلُونَكَ عَنِ
الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ قُلْ فِيهِمَا إِثْمٌ كَبِيرٌ وَمَنَافِعُ لِلنَّاسِ (البقرة:219)
e. يَا أَيُّهَا النَّاسُ
كُلُوا مِمَّا فِي الْأَرْضِ حَلَالًا طَيِّبًا وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ
الشَّيْطَانِ (البقرة:168)
20.
Berikut
ini adalah ayat- ayat al-Qur'an yang terkait dengan pembinaan keluarga, kecuali
….
a.
وَلْيَخْشَ الَّذِينَ
لَوْ تَرَكُوا مِنْ خَلْفِهِمْ ذُرِّيَّةً ضِعَافًا-النساء :9
b.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ
آَمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا-التحريم :6
c.
وَأْمُرْ أَهْلَكَ بِالصَّلَاةِ
وَاصْطَبِرْ عَلَيْهَا لَا نَسْأَلُكَ رِزْقًا نَحْنُ نَرْزُقُكَ-طه :132
d.
وَإِذْ قَالَ
لُقْمَانُ لِابْنِهِ وَهُوَ يَعِظُهُ يَا بُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ- لقمان
:12
e.
يُوصِيكُمُ اللَّهُ فِي
أَوْلَادِكُمْ لِلذَّكَرِ مِثْلُ حَظِّ الْأُنْثَيَيْنِ-النساء:12
Sama² kak. Semoga bermanfaat.
BalasHapus