Rabu, 09 November 2016

Soal Latihan Pelajaran Tafsir Kelas XII MA Try Out 1



1.         وَلَا يَأْتُونَكَ بِمَثَلٍ إِلَّا جِئْنَاكَ بِالْحَقِّ وَأَحْسَنَ تَفْسِيرًا – الفرقان: 33
Kata tafsir pada ayat ini memiliki makna ….
a.       perincian
b.      pengungkapan                                                       
c.       penjelasan  
d.      perumpamaan                                            
e.       pemaparan
2.         Berikut ini yang bukan merupakan definisi tafsir adalah ….
a.    Ilmu yang mempelajari al-Quran al-Karim dari segi pengertiannya terhadap maksud Allah sesuai dengan kemampuan manusia
b.    Ilmu yang mempelajari kitab Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. dan penjelasan maknanya serta pengambilan hukum dan hikmah-hikmahnya
c.    Ilmu yang membahas cara mengucapkan lafadz-lafadz al-Qur'an dan membahas petunjuk lafadz-lafadznya baik secara ifrad maupun tarkib, membahas hukum-hukumnya dan kandungan makna yang termuat dalam tarkib  dan yang menjadi kesempurnaannya
d.   Ilmu yang mempelajari tentang cara membaca dan ragam membaca al-Qur’an yang dinisbatkan kepada para ulama dan memiliki sanad sampai pada Rasulullah.
e.    Ilmu untuk memahami kitabullah dengan menggunakan pengetahuan bahasa Arab dan as-Sunnah, baik untuk memahami pengertian kata maupun susunan kalimatnya yang berkaitan dengan akidah, syari'at dan adab kemudian melakukan istinbath hukum untuk memecahkan berbagai problem di setiap tempat dan waktu.
3.         وَإِذِ ابْتَلَى إِبْرَاهِيمَ رَبُّهُ بِكَلِمَاتٍ فَأَتَمَّهُنَّ Ayat ini mengandung marji’ dhamir yang….
a.       diakhirkan secara lafadz dan urutan
b.      diakhirkan secara lafadz saja
c.       diawalkan dan dikandung oleh lafadz tertentu
d.      diwalkan dan dilafalkan secara jelas
e.       diawalkan dan ditunjuk oleh lafadz tertentu                                                        
4.         Ayat al-Qur’an berikut ini  yang mengandung marji’ dhamir yang diakhirkan adalah…
a.         قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ (الإخلاص:1)
b.        وَعَصَى آَدَمُ رَبَّهُ فَغَوَى (طه:121)
c.         كُلُّ مَنْ عَلَيْهَا فَانٍ (الرحمن:26)
d.        اعْدِلُوا هُوَ أَقْرَبُ لِلتَّقْوَى (المآئدة:8)
e.         ثُمَّ جَعَلْنَاهُ نُطْفَةً فِي قَرَارٍ مَكِينٍ (المؤمنون:13)
5.          وَلَتَجِدَنَّهُمْ أَحْرَصَ النَّاسِ عَلَى حَيَاةٍ .Arti kata yang bergaris bawah  pada potongan ayat ini adalah ….
a.       kehidupan semesta            
b.      kehidupan abadi                            
c.       kehidupan bahagia
d.      kehidupan dunia
e.       kehidupan akhirat
6.          تَبَّتْ يَدَا أَبِى لَهَبٍ وَتَبَّ Penggunaan kata ma’rifah berupa isim alam pada ayat ini bertujuan ….
a.       menunjukkan keumuman   
b.      menghadirkan nama                                              
c.       merahasiakan identitas
d.      mengagungkan
e.       menghinakan
7.         Lafadz yang di dalam al-Qur’an selalu ditulis dalam bentuk mufrod adalah ….
a.       الرَّسُول                                                                 
b.      السَّمَاء
c.       القَلْبُ                                                                   
d.      الرِّيْحُ
e.       النُّور
8.         Di antara hal yang menjadi faktor munculnya tafsir pada masa Nabi adalah ….
a.       adanya pertanyaan dari sahabat
b.      berkembangnya ilmu pengetahuan
c.       kebutuhan akan tafsir bir ro’yi
d.      adanya usaha kodifikasi tafsir
e.       lahirnya sekolah-sekolah tafsir
9.         Yang tidak termasuk tokoh tafsir di kalangan sahabat adalah ….
a.       Ali bin Abi Thalib                                               
b.      Ibnu Mas’ud                                           
c.       Abu Hurairah
d.      Ibnu Abbas
e.       Ubai bin Ka’ab
10.     Sepeninggal Rasulullah, para sahabat dalam menafsirkan al-Qur’an senantiasa merujuk pada al-Qur’an dan Assunnah. Jika tidak didapatkan pada keduanya mereka merujuk pada….
a.       kitab-kitab sejarah                                   
b.      kitab-kitab terdahulu                               
c.       buku-buku ilmu pengetahuan
d.      ijtihad mereka
e.       tradisi bangsa Arab
11.     Penafsiran al-Qur'an dengan al-Qur'an sendiri atau dengan penjelasan dari Nabi atau sahabat atau tabi'in disebut tafsir ….
a.       bi al-ma'tsur                                            
b.      bi al- dirayah                                           
c.       bi al- mantuq
d.      bi al-ro'yi
e.       bi al aqly
12.     Contoh tafsir bil ma’tsur adalah penafsiran firman Allah dalam al-Qur’an QS. Al Maidah :1أُحِلَّتْ لَكُمْ بَهِيمَةُ الْأَنْعَامِ إِلَّا مَا يُتْلَى عَلَيْكُمْ yang ditafsirkan oleh ayat lain dalam al-Qur’an yaitu ….
a.       أَتْلُ مَا حَرَّمَ رَبُّكُمْ عَلَيْكُمْ أَلَّا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا
b.   حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةُ وَالدَّمُ وَلَحْمُ الْخِنْزِيرِ وَمَا أُهِلَّ لِغَيْرِ اللَّهِ بِهِ
c.       إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْأَنْصَابُ وَالْأَزْلَامُ رِجْسٌ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ
d.      وَمِنَ الْأَنْعَامِ حَمُولَةً وَفَرْشًا كُلُوا مِمَّا رَزَقَكُمُ اللَّه
e.       الْيَوْمَ أُحِلَّ لَكُمُ الطَّيِّبَاتُ وَطَعَامُ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ حِلٌّ لَكُمْ
13.     Berikut adalah kelemahan tafsir bil ma’tsur, kecuali ….
a.       masuknya israiliyat yang tidak sesuai dengan ajaran Islam
b.      bercampurnya riwayat-riwayat shahih dan dhaif
c.       adanya tafsir sahabat yang dipalsukan
d.      adanya upaya orang zindik yg ingin merusak Islam melalui tafsir bil ma’tsur
e.       sulitnya melacak tafsir bil ma’tsur.
14.     Penafsiran al-Qur'an dengan ro'yu atau ijtihad dapat diterima jika memenuhi beberapa syarat, antara lain ….
a.         Tidak bertentangan dengan kaidah bahasa Arab
b.         dilakukan oleh seorang mujtahid
c.         berdasarkan periwayatan yang shahih
d.        berdasarkan pada al-Qur'an dan hadis
e.         sesuai dengan pemahaman sahabat
15.     Berikut ini yang merupakan kitab tafsir bir ro’yi adalah ….
a.       Tafsir al-Qur’an al-Adzim Ibnu Katsir
b.      Jami’ al Bayan an Ta’wi Ayil Qur’an
c.       Tafsir al Jalalain
d.      Shofwatut Tafasir
e.       al-Bahr al-Ulum
16.     Yang merupakan kitab tafsir bil ma’tur berikut ini adalah  ….
a.       Tafsir al Jalalain                                      
b.      b.Mafatih al-Ghaib                                              
c.       ad-Durur an-Mantsur                                          
d.      al-Kasyyaf           
e.       Tanzihul Qur’an
17.     Pernyataan yang bukan merupakan faedah mengetahui asbabunnnuzul adalah…
a.    memahami kedudukan kalimat dalam ayat al-qur’an
b.    mengatasai keraguan dalam memahami pesan al-Qur’an
c.    mengkhususkan hukum yang diturunkan apabila redaksi ayatnya umum
d.   mengetahui hukum sebenarnya yang terkandung dalam al-Qur’an
e.    menjelaskan hikmah pemberlakuan hukum
18.     Makanan yang halal, sehat dan bergizi sangat dianjurkan oleh Allah. Hal itu sesuai dengan ayat…
a.     يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا لَا تَقْرَبُوا الصَّلَاةَ وَأَنْتُمْ سُكَارَى (النسآء:43)
b.    يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا لَا تُحَرِّمُوا طَيِّبَاتِ مَا أَحَلَّ اللَّهُ لَكُمْ وَلَا تَعْتَدُوا (المآئدة:87)
c.     وَتِلْكَ حُجَّتُنَا آَتَيْنَاهَا إِبْرَاهِيمَ عَلَى قَوْمِهِ نَرْفَعُ دَرَجَاتٍ مَنْ نَشَاءُ (الأنعام:83)
d.    يَسْأَلُونَكَ عَنِ الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ قُلْ فِيهِمَا إِثْمٌ كَبِيرٌ وَمَنَافِعُ لِلنَّاسِ (البقرة:219)
e.     يَا أَيُّهَا النَّاسُ كُلُوا مِمَّا فِي الْأَرْضِ حَلَالًا طَيِّبًا وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ (البقرة:168)
19.     Meminum khomer akan berdampak negatif pada kehidupan sosial dan spiritual masyarakat, hal ini dijelaskan dalam ayat ….
a.    وَمِنْ ثَمَرَاتِ النَّخِيلِ وَالْأَعْنَابِ تَتَّخِذُونَ مِنْهُ سَكَرًا وَرِزْقًا حَسَنًا (النحل :67)
b.    إِنَّمَا يُرِيدُ الشَّيْطَانُ أَنْ يُوقِعَ بَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَاءَ فِي الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ وَيَصُدَّكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ وَعَنِ الصَّلَاة (المائدة :91)
c.    يَسْأَلُونَكَ عَنِ الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ قُلْ فِيهِمَا إِثْمٌ كَبِيرٌ وَمَنَافِعُ لِلنَّاسِ (البقرة :219)
d.    إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْأَنْصَابُ وَالْأَزْلَامُ رِجْسٌ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ (المائدة :90)
e.  يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا لَا تَقْرَبُوا الصَّلَاةَ وَأَنْتُمْ سُكَارَى حَتَّى تَعْلَمُوا مَا تَقُولُونَ (النساء:43)
20.     ادْعُ إِلَى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ
Potongan QS. An-Nahl :125 di atas menjelaskan tentang ….
a.    berbuat kebaikan
b.    macam-macam dakwah
c.    metode dan strategi dakwah
d.   sasaran atau obyek dakwah
e.    tantangan orang yang berdakwah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PORTOFOLIO RANGKUMAN TUGAS PEMBATIK LEVEL 4 TAHUN 2023

Tidak terasa perjalanan yang luar biasa hingga sampai pada titik ini. Langkah demi langkah, menyelesaikan tugas demi tugas yang tentunya ber...