1.
وَلَا يَأْتُونَكَ بِمَثَلٍ إِلَّا جِئْنَاكَ
بِالْحَقِّ وَأَحْسَنَ تَفْسِيرًا
– الفرقان: 33
Kata
tafsir pada ayat ini memiliki makna ….
a.
perincian
b.
pengungkapan
c.
penjelasan
d.
perumpamaan
e.
pemaparan
2.
Berikut
ini yang bukan merupakan definisi tafsir adalah ….
a.
Ilmu
yang mempelajari al-Quran al-Karim dari segi pengertiannya terhadap maksud
Allah sesuai dengan kemampuan manusia
b.
Ilmu
yang mempelajari kitab Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. dan
penjelasan maknanya serta pengambilan hukum dan hikmah-hikmahnya
c.
Ilmu yang membahas cara mengucapkan lafadz-lafadz
al-Qur'an dan membahas petunjuk lafadz-lafadznya baik secara ifrad
maupun tarkib, membahas hukum-hukumnya dan kandungan makna yang termuat
dalam tarkib dan yang menjadi
kesempurnaannya
d.
Ilmu yang mempelajari tentang cara membaca
dan ragam membaca al-Qur’an yang dinisbatkan kepada para ulama dan memiliki
sanad sampai pada Rasulullah.
e.
Ilmu
untuk memahami kitabullah dengan menggunakan pengetahuan bahasa Arab dan
as-Sunnah, baik untuk memahami pengertian kata maupun susunan kalimatnya yang
berkaitan dengan akidah, syari'at dan adab kemudian melakukan istinbath
hukum untuk memecahkan berbagai problem di setiap tempat dan waktu.
3.
وَإِذِ ابْتَلَى
إِبْرَاهِيمَ رَبُّهُ بِكَلِمَاتٍ فَأَتَمَّهُنَّ Ayat ini mengandung marji’
dhamir yang….
a. diakhirkan secara
lafadz dan urutan
b. diakhirkan secara
lafadz saja
c. diawalkan dan dikandung
oleh lafadz tertentu
d. diwalkan dan dilafalkan
secara jelas
e.
diawalkan dan ditunjuk oleh lafadz tertentu
4.
Ayat al-Qur’an berikut ini
yang mengandung marji’ dhamir yang
diakhirkan adalah…
a.
قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ (الإخلاص:1)
b.
وَعَصَى آَدَمُ رَبَّهُ فَغَوَى
(طه:121)
c.
كُلُّ مَنْ عَلَيْهَا فَانٍ (الرحمن:26)
d.
اعْدِلُوا هُوَ أَقْرَبُ لِلتَّقْوَى
(المآئدة:8)
e.
ثُمَّ جَعَلْنَاهُ نُطْفَةً فِي قَرَارٍ
مَكِينٍ (المؤمنون:13)
5.
وَلَتَجِدَنَّهُمْ أَحْرَصَ النَّاسِ
عَلَى حَيَاةٍ .Arti kata yang bergaris
bawah pada potongan ayat ini adalah ….
a. kehidupan semesta
b. kehidupan abadi
c. kehidupan bahagia
d. kehidupan dunia
e.
kehidupan akhirat
6.
تَبَّتْ يَدَا أَبِى لَهَبٍ وَتَبَّ Penggunaan kata ma’rifah
berupa isim alam pada ayat ini bertujuan ….
a. menunjukkan keumuman
b. menghadirkan nama
c. merahasiakan identitas
d. mengagungkan
e. menghinakan
7.
Lafadz yang di dalam al-Qur’an selalu
ditulis dalam bentuk mufrod adalah ….
a. الرَّسُول
b. السَّمَاء
c. القَلْبُ
d. الرِّيْحُ
e. النُّور
8.
Di antara hal yang menjadi faktor
munculnya tafsir pada masa Nabi adalah ….
a. adanya pertanyaan dari sahabat
b. berkembangnya
ilmu pengetahuan
c. kebutuhan
akan tafsir bir ro’yi
d. adanya
usaha kodifikasi tafsir
e. lahirnya
sekolah-sekolah tafsir
9.
Yang tidak termasuk tokoh tafsir di
kalangan sahabat adalah ….
a. Ali
bin Abi Thalib
b. Ibnu
Mas’ud
c. Abu
Hurairah
d. Ibnu
Abbas
e. Ubai
bin Ka’ab
10. Sepeninggal
Rasulullah, para sahabat dalam menafsirkan al-Qur’an senantiasa merujuk pada
al-Qur’an dan Assunnah. Jika tidak didapatkan pada keduanya mereka merujuk
pada….
a. kitab-kitab
sejarah
b. kitab-kitab
terdahulu
c. buku-buku
ilmu pengetahuan
d. ijtihad
mereka
e. tradisi
bangsa Arab
11. Penafsiran
al-Qur'an dengan al-Qur'an sendiri atau dengan penjelasan dari Nabi atau
sahabat atau tabi'in disebut tafsir ….
a.
bi al-ma'tsur
b.
bi al- dirayah
c.
bi al- mantuq
d.
bi al-ro'yi
e.
bi al aqly
12.
Contoh tafsir bil ma’tsur
adalah penafsiran firman Allah dalam al-Qur’an QS. Al Maidah :1أُحِلَّتْ لَكُمْ بَهِيمَةُ الْأَنْعَامِ
إِلَّا مَا يُتْلَى عَلَيْكُمْ
yang ditafsirkan oleh ayat lain dalam al-Qur’an
yaitu ….
a.
أَتْلُ مَا حَرَّمَ رَبُّكُمْ عَلَيْكُمْ أَلَّا تُشْرِكُوا
بِهِ شَيْئًا وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا
b. حُرِّمَتْ
عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةُ وَالدَّمُ وَلَحْمُ الْخِنْزِيرِ وَمَا أُهِلَّ لِغَيْرِ اللَّهِ
بِهِ
c.
إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْأَنْصَابُ وَالْأَزْلَامُ
رِجْسٌ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ
d.
وَمِنَ الْأَنْعَامِ حَمُولَةً وَفَرْشًا كُلُوا مِمَّا رَزَقَكُمُ
اللَّه
e.
الْيَوْمَ أُحِلَّ لَكُمُ الطَّيِّبَاتُ وَطَعَامُ الَّذِينَ
أُوتُوا الْكِتَابَ حِلٌّ لَكُمْ
13. Berikut
adalah kelemahan tafsir bil ma’tsur, kecuali ….
a. masuknya
israiliyat yang tidak sesuai dengan ajaran Islam
b. bercampurnya
riwayat-riwayat shahih dan dhaif
c. adanya
tafsir sahabat yang dipalsukan
d. adanya
upaya orang zindik yg ingin merusak Islam melalui tafsir bil ma’tsur
e. sulitnya
melacak tafsir bil ma’tsur.
14. Penafsiran
al-Qur'an dengan ro'yu atau ijtihad dapat diterima jika memenuhi
beberapa syarat, antara lain ….
a.
Tidak bertentangan dengan kaidah
bahasa Arab
b.
dilakukan oleh seorang mujtahid
c.
berdasarkan periwayatan yang shahih
d.
berdasarkan pada al-Qur'an dan hadis
e.
sesuai dengan pemahaman sahabat
15.
Berikut ini
yang merupakan kitab tafsir bir ro’yi adalah ….
a.
Tafsir
al-Qur’an al-Adzim Ibnu Katsir
b.
Jami’ al
Bayan an Ta’wi Ayil Qur’an
c.
Tafsir al
Jalalain
d.
Shofwatut
Tafasir
e.
al-Bahr
al-Ulum
16.
Yang merupakan
kitab tafsir bil ma’tur berikut ini adalah ….
a.
Tafsir al
Jalalain
b. b.Mafatih al-Ghaib
c. ad-Durur an-Mantsur
d. al-Kasyyaf
e. Tanzihul Qur’an
17. Pernyataan yang bukan merupakan faedah
mengetahui asbabunnnuzul adalah…
a. memahami
kedudukan kalimat dalam ayat al-qur’an
b. mengatasai
keraguan dalam memahami pesan al-Qur’an
c. mengkhususkan
hukum yang diturunkan apabila redaksi ayatnya umum
d. mengetahui
hukum sebenarnya yang terkandung dalam al-Qur’an
e. menjelaskan
hikmah pemberlakuan hukum
18. Makanan yang halal, sehat dan bergizi sangat dianjurkan oleh
Allah. Hal itu sesuai dengan ayat…
a. يَا أَيُّهَا
الَّذِينَ آَمَنُوا لَا تَقْرَبُوا الصَّلَاةَ وَأَنْتُمْ سُكَارَى (النسآء:43)
b. يَا أَيُّهَا
الَّذِينَ آَمَنُوا لَا تُحَرِّمُوا طَيِّبَاتِ مَا أَحَلَّ اللَّهُ لَكُمْ وَلَا
تَعْتَدُوا (المآئدة:87)
c. وَتِلْكَ حُجَّتُنَا
آَتَيْنَاهَا إِبْرَاهِيمَ عَلَى قَوْمِهِ نَرْفَعُ دَرَجَاتٍ مَنْ نَشَاءُ (الأنعام:83)
d. يَسْأَلُونَكَ عَنِ
الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ قُلْ فِيهِمَا إِثْمٌ كَبِيرٌ وَمَنَافِعُ لِلنَّاسِ (البقرة:219)
e. يَا أَيُّهَا
النَّاسُ كُلُوا مِمَّا فِي الْأَرْضِ حَلَالًا طَيِّبًا وَلَا تَتَّبِعُوا
خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ (البقرة:168)
19.
Meminum khomer
akan berdampak negatif pada kehidupan sosial dan spiritual masyarakat, hal ini
dijelaskan dalam ayat ….
a. وَمِنْ ثَمَرَاتِ النَّخِيلِ وَالْأَعْنَابِ تَتَّخِذُونَ
مِنْهُ سَكَرًا وَرِزْقًا حَسَنًا (النحل :67)
b.
إِنَّمَا يُرِيدُ
الشَّيْطَانُ أَنْ يُوقِعَ بَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَاءَ فِي الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ
وَيَصُدَّكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ وَعَنِ الصَّلَاة (المائدة :91)
c.
يَسْأَلُونَكَ عَنِ
الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ قُلْ فِيهِمَا إِثْمٌ كَبِيرٌ وَمَنَافِعُ لِلنَّاسِ
(البقرة :219)
d. إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْأَنْصَابُ وَالْأَزْلَامُ
رِجْسٌ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ (المائدة :90)
e. يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا لَا تَقْرَبُوا الصَّلَاةَ
وَأَنْتُمْ سُكَارَى حَتَّى تَعْلَمُوا مَا تَقُولُونَ (النساء:43)
20.
ادْعُ إِلَى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ
وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ
Potongan QS. An-Nahl :125 di atas menjelaskan tentang ….
a.
berbuat
kebaikan
b.
macam-macam
dakwah
c.
metode dan
strategi dakwah
d.
sasaran
atau obyek dakwah
e.
tantangan
orang yang berdakwah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar