Rabu, 09 November 2016

Soal Latihan Pelajaran Tafsir Kelas XII MA Try Out 2




1.    وَلَا يَأْتُونَكَ بِمَثَلٍ إِلَّا جِئْنَاكَ بِالْحَقِّ وَأَحْسَنَ تَفْسِيرًا – الفرقان: 33
Kata tafsir pada ayat ini memiliki makna ….
a.  penjelasan
b. pengungkapan                                                   d. permisalan
c.  perincian                                                            e. pemaparan
2.    Berikut ini yang bukan merupakan definisi tafsir adalah ….
a.    Ilmu yang mempelajari al-Quran al-Karim dari segi pengertiannya terhadap maksud Allah sesuai dengan kemampuan manusia
b.    Ilmu yang mempelajari tentang cara membaca dan ragam membaca al-Qur’an yang dinisbatkan kepada para ulama dan memiliki sanad sampai pada Rasulullah.
c.    Ilmu yang mempelajari kitab Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. dan penjelasan maknanya serta pengambilan hukum dan hikmah-hikmahnya
d.   Ilmu yang membahas cara mengucapkan lafadz-lafadz al-Qur'an dan membahas petunjuk lafadz-lafadznya baik secara ifrad maupun tarkib, membahas hukum-hukumnya dan kandungan makna yang termuat dalam tarkib  dan yang menjadi kesempurnaannya
e.    Ilmu untuk memahami kitabullah dengan menggunakan pengetahuan bahasa Arab dan as-Sunnah, baik untuk memahami pengertian kata maupun susunan kalimatnya yang berkaitan dengan akidah, syari'at dan adab kemudian melakukan istinbath hukum untuk memecahkan berbagai problem di setiap tempat dan waktu.
3.    وَعَصَى موسى رَبَّهُ Ayat ini mengandung marji’ dhamir yang….
a.  diakhirkan secara lafadz dan urutan
b. diakhirkan secara lafadz saja
c. diawalkan dan dikandung oleh lafadz tertentu
d. diwalkan dan dilafalkan secara jelas
e. diawalkan dan ditunjuk oleh lafadz tertentu                                                    
4.    وَإِذِ ابْتَلَى إِبْرَاهِيمَ رَبُّهُ بِكَلِمَاتٍ فَأَتَمَّهُنَّ   dhamir ghaib tunggal pada ayat tersebut marji’nya adalah lafadz ….
a. وَإِذِ
b. ابْتَلَى
c. إِبْرَاهِيمَ
d. رَبُّ
e. كَلِمَاتٍ
5.    Ayat al-Qur’an berikut ini  yang mengandung marji’ dhamir yang diakhirkan adalah…
a.    وَعَصَى آَدَمُ رَبَّهُ فَغَوَى (طه:121)
b.    كُلُّ مَنْ عَلَيْهَا فَانٍ (الرحمن:26)
c.    اعْدِلُوا هُوَ أَقْرَبُ لِلتَّقْوَى (المآئدة:8)
d.   ثُمَّ جَعَلْنَاهُ نُطْفَةً فِي قَرَارٍ مَكِينٍ (المؤمنون:13)
e.    قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ (الإخلاص:1)
6.    Berikut ini adalah contoh penggunaan isim nakiroh yang menunjukkan makna tunggal adalah….
a.  وَجَاءَ رَجُلٌ مِنْ اَقْصَى المَدِينَةِ يَسْعَى
b. وَلَتَجِدَنَّهُمْ أَحْرَصَ النَّاسِ عَلَى حَيَاةٍ
c. فَأْذَنُوا بِحَرْبٍ مِنَ اللهِ
d. أَئِنَّ لَنَا لأَجْرًا
e.  مِنْ أَيِّ شَيْئٍ خَلَقَهُ
7.     أَئِنَّ لَنَا لأَجْرًا .Arti kata yang bergaris bawah  pada potongan ayat ini adalah ….
a. pahala dari Allah                                                d. upah yang sesuai
b. pahala yang banyak                                            e. upah yang banyak
c. balasan setimpal
8.     قُل هُو الله أحد Penggunaan kata ma’rifah berupa isim alam pada ayat ini bertujuan ….
a. menunjukkan keumuman                                    d. menunjukkan kedekatan
b. menghadirkan nama                                           e. menghinakan
c. merahasiakan identitas
9.    Lafadz yang di dalam al-Qur’an selalu ditulis dalam bentuk mufrod adalah ….
a. الرَّسُول                                                               d.  السَّمَاء
b. القَلْبُ                                                                 e.الرِّيْحُ
c.  النُّور
10.              Di antara hal yang menjadi faktor munculnya tafsir pada masa Nabi adalah ….
a. berkembangnya ilmu pengetahuan
b. adanya pertanyaan dari sahabat
c. kebutuhan akan tafsir bir ro’yi
d. adanya usaha kodifikasi tafsir
e. lahirnya sekolah-sekolah tafsir
11.              Yang tidak termasuk tokoh tafsir di kalangan sahabat adalah ….
a. Abdurrahman bin Auf                                       d. Ibnu Abbas
b. Ibnu Mas’ud                                                     e. Ubai bin Ka’ab
c. Abu Musa al-Asy’ari
12.              Sepeninggal Rasulullah, para sahabat dalam menafsirkan al-Qur’an senantiasa merujuk pada al-Qur’an dan Assunnah. Jika tidak didapatkan pada keduanya mereka merujuk pada….
a. kitab-kitab sejarah                                             d. ijtihad mereka
b. kitab-kitab terdahulu                                         e. tradisi bangsa Arab
c. buku-buku ilmu pengetahuan
13.              Penafsiran al-Qur'an dengan al-Qur'an sendiri atau dengan penjelasan dari Nabi atau sahabat atau tabi'in disebut tafsir ….
  1. bi al-ma'tsur                                                    d. bi al-ro'yi
  2. bi al- dirayah                                                   e. bi al aqly
  3. bi al- mantuq
14.              Berikut adalah kelemahan tafsir bil ma’tsur, kecuali ….
a. sulitnya melacak tafsir bil ma’tsur
b. masuknya israiliyat yang tidak sesuai dengan ajaran Islam
c. bercampurnya riwayat-riwayat shahih dan dhaif
d. adanya tafsir sahabat yang dipalsukan
e. adanya upaya orang zindik yg ingin merusak Islam melalui tafsir bil ma’tsur
15.              Penafsiran al-Qur'an dengan ro'yu atau ijtihad dapat diterima jika memenuhi beberapa syarat, antara lain ….
a.     dilakukan oleh seorang mujtahid
b.    berdasarkan periwayatan yang shahih
c.     berdasarkan pada al-Qur'an dan hadis
d.    sejalah dengan maksud syari’at
e.     sesuai dengan pemahaman sahabat
16.              Berikut ini yang merupakan kitab tafsir bir ro’yi adalah ….
a. Tafsir al-Qur’an al-Adzim Ibnu Katsir
b. Jami’ al Bayan an Ta’wi Ayil Qur’an
c. Shofwatut Tafasir
d. al-Bahr al-Ulum
e. Mafatih al- Ghaib
17.              Yang merupakan kitab tafsir bil ma’tur berikut ini adalah  ….
a. Al Muharrir al-Wajiz                                        d. al-Kasyyaf
b.Mafatih al-Ghaib                                               e. Tanzihul Qur’an
c. al bahru al-Muhith                                                       
18.              Pernyataan yang bukan merupakan faedah mengetahui asbabunnnuzul adalah…
a.    memahami kedudukan kalimat dalam ayat al-qur’an
b.    mengatasai keraguan dalam memahami pesan al-Qur’an
c.    mengkhususkan hukum yang diturunkan apabila redaksi ayatnya umum
d.   mengetahui hukum sebenarnya yang terkandung dalam al-Qur’an
e.    menjelaskan hikmah pemberlakuan hukum
19.              Makanan yang halal, sehat dan bergizi sangat dianjurkan oleh Allah. Hal itu sesuai dengan ayat…
a.     يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا لَا تَقْرَبُوا الصَّلَاةَ وَأَنْتُمْ سُكَارَى (النسآء:43)
b.    يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا لَا تُحَرِّمُوا طَيِّبَاتِ مَا أَحَلَّ اللَّهُ لَكُمْ وَلَا تَعْتَدُوا (المآئدة:87)
c.     وَتِلْكَ حُجَّتُنَا آَتَيْنَاهَا إِبْرَاهِيمَ عَلَى قَوْمِهِ نَرْفَعُ دَرَجَاتٍ مَنْ نَشَاءُ (الأنعام:83)
d.    يَسْأَلُونَكَ عَنِ الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ قُلْ فِيهِمَا إِثْمٌ كَبِيرٌ وَمَنَافِعُ لِلنَّاسِ (البقرة:219)
e.     يَا أَيُّهَا النَّاسُ كُلُوا مِمَّا فِي الْأَرْضِ حَلَالًا طَيِّبًا وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ (البقرة:168)
20.              Berikut ini adalah ayat- ayat al-Qur'an yang terkait dengan pembinaan keluarga, kecuali ….
a. وَلْيَخْشَ الَّذِينَ لَوْ تَرَكُوا مِنْ خَلْفِهِمْ ذُرِّيَّةً ضِعَافًا-النساء :9
b. يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا-التحريم :6
c. وَأْمُرْ أَهْلَكَ بِالصَّلَاةِ وَاصْطَبِرْ عَلَيْهَا لَا نَسْأَلُكَ رِزْقًا نَحْنُ نَرْزُقُكَ-طه :132
d. وَإِذْ قَالَ لُقْمَانُ لِابْنِهِ وَهُوَ يَعِظُهُ يَا بُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ- لقمان :12
e. يُوصِيكُمُ اللَّهُ فِي أَوْلَادِكُمْ لِلذَّكَرِ مِثْلُ حَظِّ الْأُنْثَيَيْنِ-النساء:12

1 komentar:

PORTOFOLIO RANGKUMAN TUGAS PEMBATIK LEVEL 4 TAHUN 2023

Tidak terasa perjalanan yang luar biasa hingga sampai pada titik ini. Langkah demi langkah, menyelesaikan tugas demi tugas yang tentunya ber...