Rabu, 09 November 2016

Soal Latihan Pelajaran Tafsir Kelas XII MA Try Out 3



1.    Berikut ini adalah lafadz ayat yang bisa langsung ditafsirkan dan tidak membutuhkan takwil ….
a. وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْض
b. الرَّحْمَنُ عَلَى الْعَرْشِ اسْتَوَى
c. فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا
d. يَدُ اللَّهِ فَوْقَ أَيْدِيهِم
e. كُلُّ شَيْءٍ هَالِكٌ إِلَّا وَجْهَه

2. Perhatikan pernyataan berikut ini !
ذَلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ تَأْوِيلًا (الإسرآء:35) وأحسن تأويلا: أحسن عاقبة لأن تأويل الشيء ما يؤول إليه في الآخر.
Pernyataan di atas merupakan contoh…
a.    ta’wil                                                                  d. tarjamah harfiyah
b.   tafsir                                                                   e. tarjamah tafsiriyah
c.    tarjamah
3. Berikut ini adalah ayat al-Qur’an yang mengadung marji’ dhamir yang diawalkan dan dikandung oleh lafadz tertentu ….
a. قل هو الله أحد
b. فَأَوْجَسَ فى نفسِهِ خِيْفَةَ موسى
c.  اعْدِلُوا هُو أقربُ للتقوى
d. بِئْسَ مَثَلُ الْقَوْمِ الَّذِينَ كَذَّبُوا
e. نِعْمَ أَجْرُ الْعَامِلِينَ
4. Ayat berikut ini mengandung bentuk lafadz  nakiroh kecuali….
a. وَخُلِقَ الْإِنْسَانُ ضَعِيفًا                             d. عَامِلَةٌ نَاصِبَةٌ  تَصْلَى نَارًا حَامِيَةً
b. مُحَمَّدٌ رَسُولُ الله                                  e. لَيْسَ لَهُمْ طَعَامٌ إِلَّا مِنْ ضَرِيعٍ
c. َالَّذِي قَالَ لِوَالِدَيْهِ أُفٍّ لَكُمَا         
5. Berikut ini adalah contoh penggunaan isim nakiroh yang menunjukkan jumlah banyak adalah….
a.  وَجَاءَ رَجُلٌ مِنْ اَقْصَى المَدِينَةِ يَسْعَى
b. وَلَتَجِدَنَّهُمْ أَحْرَصَ النَّاسِ عَلَى حَيَاةٍ
c. فَأْذَنُوا بِحَرْبٍ مِنَ اللهِ
d. أَئِنَّ لَنَا لأَجْرًا
e.  مِنْ أَيِّ شَيْئٍ خَلَقَهُ
6. Penggunaan isim ma’rifah yang bertujuan untuk menyembunyikan identitas adalah ….
a. تَبَّتْ يَدَا أَبِي لَهَب
b. وَالّذِي قَالَ لِوَالِدَيْهِ أُفٍّ لَكُمَا
c. إِنَّ الإِنْسَانَ لَفِى خُسْرٍ
d.إنَّ عِبَادي لَيْسَ لَكَ عَلَيْهِم سُلْطَانٌ
e.ذَلِكَ الكتَابُ لاَ رَيْبَ فِيْه
7. وَأُحْضِرَتْ الأنفسُ الشحَّ, وَإن تُحْسِنُوا وتتقوا فإن الله كان بما تعملون خبيرا (النساء:128)
Kata الشحَّ pada ayat ini ….
a.       semakna dengan  البخل                                  d. lebih ringan dari البخل
b.      berbeda makna dengan البخل                                    e. sama berat dengan البخل
c.       lebih berat dari البخل
8. أَأَمِنْتُم مَنْ فِى السَّمَاء أنْ يَخْسِفَ بكم الأرض (الملك:16). Penggunaan kata "السماء" dalam bentuk mufrod pada ayat ini memiliki arti ….
a. awan                                                                 d. langit tujuh
b. air hujan                                                           e. arah atas
c. planet-planet

9. Contoh penafsiran Nabi terhadap al-Qur’an adalah penafsiran beliau terhadap firman Allah:
حَافِظُوا عَلَى الصَّلَوَاتِ وَالصَّلَاةِ الْوُسْطَى وَقُومُوا لِلَّهِ قَانِتِينَ(البقرة:238)
Kata yang bergaris bawah ditafsirkan oleh Nabi saw dengan ….
a.       Shalat wajib                                                    d. shalat ashar
b.      Shalat fardhu                                                  e. shalat jum’at
c.       Shalat malam
10. Sahabat Nabi saw yang mendapat gelar ‘tarjuman al-Qur’an’  adalah ….
a. Ali bin Abi Thalib                                             d. Ubay bin Ka’ab
b. Ibnu Abbas                                                       e. Zaid bin Tsabit
c. Ibnu Mas’ud 
11. Ahli kitab menjadi salah satu sumber tafsir pada masa sahabat dan tabi’in, hal itu karena ….
a. ahli kitab sama-sama memeluk Islam
b. banyak orang ahli kitab yang masuk Islam
c. sebagian isi al-Qur’an bersinggungan dengan kitab Yahudi dan Nasrani
d. ahli kitab lebih maju dalam ilmu pengetahuan
e. terdapat perintah dari Nabi untuk merujuk pada kitab mereka
12.  Contoh ayat yang merupakan qira’at syadzah adalah…
a.     لَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَنْ تَبْتَغُوا فَضْلًا مِنْ رَبِّكُم في مَوَاسِمِ الحَجِّ
b.    مُتَّكِئِينَ عَلَى رَفَارِفَ خُضْرٍ وَعَباَقِرِيٍّ حِسَانٍ
c.     لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مِنْ أَنْفَسِكُم
d.    مَلِكِ يَوْمِ الدِّينِ
e.     إِنَّمَا يَخْشَى اللهُ مِنْ عِبَادِهِ العُلَمَاءَ
13. Berikut adalah hikmah adanya beragam qir'at al-Qur'an, kecuali ….
a.    memudahkan orang-orang Arab yang ummi untuk membaca al-Qur'an.
b.    memudahkan orang-orang Arab yang ummi untuk menghafalkan al-Qur'an
c.    menunjukkan i'jaz al-Qur'an dari segi bahasa di mana semua orang Arab bisa membaca al-Qur'an dengan dialek masing-masing
d.   menunjukkan i'jaz al-Qur'an dari segi muatan hukum dimana perbedaan bacaan menunjukkan kesimpulan hukum yang yang berlainan sesuai dengan kondisi zaman.
e.    menunjukkan bahwa Islam mendorong seni tilawah al-Qur’an
14. Ayat-ayat yang bermunasabah dengan ayat selanjutnya adalah ….
a. وَلَا يَحُضُّ عَلَى طَعَامِ الْمِسْكِينِ () فَوَيْلٌ لِلْمُصَلِّينَ
b. وَالْعَصْرِ () إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ
c. وَتَكُونُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنْفُوشِ () فَأَمَّا مَنْ ثَقُلَتْ مَوَازِينُهُ
d. مِنْ أَيِّ شَيْءٍ خَلَقَهُ () مِنْ نُطْفَةٍ خَلَقَهُ فَقَدَّرَهُ
e. كِرَامٍ بَرَرَةٍ () قُتِلَ الْإِنْسَانُ مَا أَكْفَرَهُ
15. Perhatikan ayat berikut ini !
هُوَ الذِى خَلَقَ السَّموَاتِ والأرضَ فى سِتَّةِ أيامٍ ثُمَّ اسْتَوَى عَلَى العَرْشِ يَعْلَمُ مَا يَلِجُ فى الأرضِ وَمَا يَخْرُجُ مِنْهَا وَمَا يَنْزِلُ مِنَ السَّمَاءِ وَمَا يَعْرُجُ فِيْهَا وَهُوَ مَعَكُم أَيْنَمَا كُنْتُمْ وَاللهُ بِمَا تَعْمَلُونَ بَصِيْرٌ (الحديد :4)
Pada ayat di atas antara kata "yaliju" dan "yakhruju" juga kata "yanzilu" dan "ya'ruju" terdapat munasbah….
a.    ta'kid    (penguat)                                                        d. i'tiradh (penyela)
b.    tafsir    (penjelas)                                                         e. tasydid (mempertegas)
c.    tadhodut (berlawanan)
16. Di antara realitas kehidupan adalah adanya keragaman suku, ras, warna kulit dan lain sebagainya. Allah Swt. menciptakan realitas ini tidak bertukuan untuk memunculkan konflik di antara manusia. Diciptakannya keragaman ini agar manusia membangun kehidupan yang saling berdampingan secara damai dan harmonis  Hal ini dinyatakan dalam al-Qur'an berikut ini ….
a.   فَبِمَا رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ-أل عمران:109
b. وَإِنْ طَائِفَتَانِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ اقْتَتَلُوا فَأَصْلِحُوا بَيْنَهُمَا-الحجرات:9
c.  وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ- المائدة :2
d. خُذِ الْعَفْوَ وَأْمُرْ بِالْعُرْفِ وَأَعْرِضْ عَنِ الْجَاهِلِينَ- الأعراف:199
e. إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَى وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا- الحجرات:13
17.  Program “Keluarga Berencana” yang dikampanyekan oleh pemerintah merujuk pada ayat al-Qur’an 
a. وَلْيَخْشَ الَّذِينَ لَوْ تَرَكُوا مِنْ خَلْفِهِمْ ذُرِّيَّةً ضِعَافًا-النساء:9
b. يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا-التحريم :6
c. وَأْمُرْ أَهْلَكَ بِالصَّلَاةِ وَاصْطَبِرْ عَلَيْهَا لَا نَسْأَلُكَ رِزْقًا نَحْنُ نَرْزُقُكَ-طه :132
d. وَإِذْ قَالَ لُقْمَانُ لِابْنِهِ وَهُوَ يَعِظُهُ يَا بُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ- لقمان :12
e. يُوصِيكُمُ اللَّهُ فِي أَوْلَادِكُمْ لِلذَّكَرِ مِثْلُ حَظِّ الْأُنْثَيَيْنِ-النساء:12
18. Sebagai  warga  negara kita harus taat dan patuh kepada  setiap kebijakan dan peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah selama tidak bertentangan dengan perintah Allah. Hal ini berarti mengamalkan amanat firman Allah….        
a. يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا لَا تَتَّخِذُوا الْكَافِرِينَ أَوْلِيَاءَ مِنْ دُونِ الْمُؤْمِنِين
b. يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولِي الْأَمْرِ مِنْكُمْ
c. إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُكُمْ أَنْ تُؤَدُّوا الْأَمَانَاتِ إِلَى أَهْلِهَا وَإِذَا حَكَمْتُمْ بَيْنَ النَّاسِ أَنْ تَحْكُمُوا بِالْعَدْل
d. إِنَّا عَرَضْنَا الْأَمَانَةَ عَلَى السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَالْجِبَالِ فَأَبَيْنَ أَنْ يَحْمِلْنَهَا
e. يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُونُوا قَوَّامِينَ لِلَّهِ شُهَدَاءَ بِالْقِسْطِ وَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَآَنُ قَوْمٍ عَلَى أَلَّا تَعْدِلُوا
19.  Ayat al-Qur'an yang terkait dengan tugas dan tanggung jawab seorang pemimpin adalah ….
a. يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا لَا تَتَّخِذُوا الْكَافِرِينَ أَوْلِيَاءَ مِنْ دُونِ الْمُؤْمِنِين
b. يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولِي الْأَمْرِ مِنْكُمْ
c. إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُكُمْ أَنْ تُؤَدُّوا الْأَمَانَاتِ إِلَى أَهْلِهَا وَإِذَا حَكَمْتُمْ بَيْنَ النَّاسِ أَنْ تَحْكُمُوا بِالْعَدْل
d. إِنَّا عَرَضْنَا الْأَمَانَةَ عَلَى السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَالْجِبَالِ فَأَبَيْنَ أَنْ يَحْمِلْنَهَا
e. يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُونُوا قَوَّامِينَ لِلَّهِ شُهَدَاءَ بِالْقِسْطِ وَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَآَنُ قَوْمٍ عَلَى أَلَّا تَعْدِلُوا
20.               فَبِمَا رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِي الْأَمْرِ(ال عمران:159)
Berdasarkan ayat ini, menyelasaikan persoalan dan perselisihan dapat dilakukan dengan cara….
a.       menempuh jalur hukum
b.      melakukan tindakan tegas dan jelas
c.       lemah lembut dan musyawarah
d.      kasih sayang antar sesama manusia
e.       menyerahkan kepada pemimpin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PORTOFOLIO RANGKUMAN TUGAS PEMBATIK LEVEL 4 TAHUN 2023

Tidak terasa perjalanan yang luar biasa hingga sampai pada titik ini. Langkah demi langkah, menyelesaikan tugas demi tugas yang tentunya ber...