Rabu, 09 November 2016

Soal Latihan Pelajaran Tafsir Kelas XII MA Try Out 4



1. Perhatikan ayat berikut ini !
إنَّ الصَّلَاةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ كِتَابًا مَوْقُوتًا (النساء:103)
Dijelasakn lebih lanjut oleh ayat :
أَقِمِ الصَّلَاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَى غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآَنَ الْفَجْرِ إِنَّ قُرْآَنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا(الإسراء:78)
Penafsiran ini menggunakan metode tafsir ….
a.       ijmali                                                               d. maudhu’i
b.      isyari                                                               e. ilmi
c.       tahlili
2. Perhatikan pernyataan berikut ini !
قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ : ( الفلق ) أي  الصبح
Pernyataan di atas merupakan contoh…
a.       Ta’wil                                                              d. tarjamah harfiyah
b.      Tafsir                                                               e. tarjamah tafsiriyah
c.       Tarjamah
3.  Berikut adalah ayat al-Qur’an yang mengandung marji’ dhamir yang diakhirkan secara lafadz tapi bukan urutan ….
a. وَلَا يُسْأَلُ عَنْ ذُنُوبِهِمُ الْمُجْرِمُون
b. قل هو الله أحد
c. فإذا هي شَاخِصَةٌ
d. بِئْسَ مَثَلُ الْقَوْمِ الَّذِينَ كَذَّبُوا
e. نِعْمَ أَجْرُ الْعَامِلِينَ
4.  Berikut ini adalah contoh penggunaan isim nakiroh yang bertujuan menghinakan….
a.  وَجَاءَ رَجُلٌ مِنْ اَقْصَى المَدِينَةِ يَسْعَى
b. وَلَتَجِدَنَّهُمْ أَحْرَصَ النَّاسِ عَلَى حَيَاةٍ
c. فَأْذَنُوا بِحَرْبٍ مِنَ اللهِ
d. أَئِنَّ لَنَا لأَجْرًا
e.  مِنْ أَيِّ شَيْئٍ خَلَقَهُ
5. Penggunaan isim ma’rifah yang bertujuan menunjukkan keumuman adalah ….
a. تَبَّتْ يَدَا أَبِي لَهَب
b. وَالّذِي قَالَ لِوَالِدَيْهِ أُفٍّ لَكُمَا
c. الَّذِينَ جَاهَدُوا فِيْنَا لَنَهْدِيَنَّهُم سُبُلَنَا
d.إنَّ عِبَادي لَيْسَ لَكَ عَلَيْهِم سُلْطَانٌ
e.لاَ تَكُونُوا كَالَّذِيْنَ آذَوا مُوسى
6. Lafadz yang selalu disebut dalam bentuk jama’ dalam al-Qur’an adalah ….
a. الأبْوَاب
b. السَّمَوَات
c.الأعْمَال
d.الأَكْوَاب
e.الأَسْبَاب 
7. Berikut ini adalah contoh pengulangan isim yang memiliki perbedaan arti ….
a.  وَلَقَدْ ضَرَبْنَا لِلنَّاسِ فِي هَذَا الْقُرْآَنِ مِنْ كُلِّ مَثَلٍ لَعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُونَ . قُرْآَنًا عَرَبِيًّا
b.   وَيَوْمَ تَقُومُ السَّاعَةُ يُقْسِمُ الْمُجْرِمُونَ مَا لَبِثُوا غَيْرَ سَاعَة
c.   كَمَا أَرْسَلْنَا إِلَى فِرْعَوْنَ رَسُولًا . فَعَصَى فِرْعَوْنُ الرَّسُول
d.   اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ .صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِم
e.   أَقِمِ الصَّلَاةَ لِدُلُوكِ الشَّمْسِ إِلَى غَسَقِ اللَّيْلِ وَقُرْآَنَ الْفَجْرِ إِنَّ قُرْآَنَ الْفَجْرِ كَانَ مَشْهُودًا
8. أَأَمِنْتُم مَنْ فِى السَّمَاء أنْ يَخْسِفَ بكم الأرض (الملك:16). Penggunaan kata "السماء" dalam bentuk mufrod pada ayat ini memiliki arti ….
a. awan                                                                 d. langit tujuh
b. air hujan                                                           e. arah atas
c. planet-planet
9.  Yang merupakan contoh tanya- jawab dalam al-Qur'an yang jawabannya lebih luas dari pertanyaan , adalah .…
a.   يسئلونك عن الخمرقل فيهما إثم كبير ومنافع للناس
b.   قل الله ينجيكم منها ومن كل كرب
c.    يسئلونك عن الاهلة قل هي مواقيت للناس والحج 
d.  قل مايكون لى ان ابدله من تلقاء النفس
e.    ويسئلونك ماذا ينفقون قل العفو
10. وَأُحْضِرَتْ الأنفسُ الشحَّ, وَإن تُحْسِنُوا وتتقوا فإن الله كان بما تعملون خبيرا (النساء:128)
Kata الشحَّ pada ayat ini ….
a.       semakna dengan  البخل                                  d. lebih ringan dari البخل
b.      berbeda makna dengan البخل                        e. sama berat dengan البخل
c.       lebih berat dari البخل
11. Di antara hal yang menjadi faktor munculnya tafsir pada masa Nabi adalah ….
a. adanya pertanyaan dari sahabat
b. berkembangnya ilmu pengetahuan
c. kebutuhan akan tafsir bir ro’yi
d. adanya usaha kodifikasi tafsir
e. lahirnya sekolah-sekolah tafsir
12. Yang tidak termasuk tokoh tafsir di kalangan sahabat adalah ….
a. Ali bin Abi Thalib                                             d. Ibnu Abbas
b. Ibnu Mas’ud                                                     e. Ubai bin Ka’ab
c. Abu Hurairah
13.Sepeninggal Rasulullah, para sahabat dalam menafsirkan al-Qur’an senantiasa merujuk pada al-Qur’an dan Assunnah. Jika tidak didapatkan pada keduanya mereka merujuk pada….
a. kitab-kitab sejarah                                             d. ijtihad mereka
b. kitab-kitab terdahulu                                         e. tradisi bangsa Arab
c. buku-buku ilmu pengetahuan
14.Penafsiran al-Qur'an dengan al-Qur'an sendiri atau dengan penjelasan dari Nabi atau sahabat atau tabi'in disebut tafsir ….
  1. bi al-ma'tsur                                                    d. bi al-ro'yi
  2. bi al- dirayah                                                   e. bi al aqly
  3. bi al- mantuq
15. Contoh tafsir bil ma’tsur adalah penafsiran firman Allah dalam al-Qur’an QS. Al Maidah :1أُحِلَّتْ لَكُمْ بَهِيمَةُ الْأَنْعَامِ إِلَّا مَا يُتْلَى عَلَيْكُمْ yang ditafsirkan oleh ayat lain dalam al-Qur’an yaitu ….
a. أَتْلُ مَا حَرَّمَ رَبُّكُمْ عَلَيْكُمْ أَلَّا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا
b. حُرِّمَتْ عَلَيْكُمُ الْمَيْتَةُ وَالدَّمُ وَلَحْمُ الْخِنْزِيرِ وَمَا أُهِلَّ لِغَيْرِ اللَّهِ بِهِ
c. إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْأَنْصَابُ وَالْأَزْلَامُ رِجْسٌ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ
d. وَمِنَ الْأَنْعَامِ حَمُولَةً وَفَرْشًا كُلُوا مِمَّا رَزَقَكُمُ اللَّه
e. الْيَوْمَ أُحِلَّ لَكُمُ الطَّيِّبَاتُ وَطَعَامُ الَّذِينَ أُوتُوا الْكِتَابَ حِلٌّ لَكُمْ
16. Berikut adalah kelemahan tafsir bil ma’tsur, kecuali ….
a. masuknya israiliyat yang tidak sesuai dengan ajaran Islam
b. bercampurnya riwayat-riwayat shahih dan dhaif
c. adanya tafsir sahabat yang dipalsukan
d. adanya upaya orang zindik yg ingin merusak Islam melalui tafsir bil ma’tsur
e. sulitnya melacak tafsir bil ma’tsur.
17. Penafsiran al-Qur'an dengan ro'yu atau ijtihad dapat diterima jika memenuhi beberapa syarat, antara lain ….
a.     Tidak bertentangan dengan kaidah bahasa Arab
b.    dilakukan oleh seorang mujtahid
c.     berdasarkan periwayatan yang shahih
d.    berdasarkan pada al-Qur'an dan hadis
e.     sesuai dengan pemahaman sahabat
18.  Berikut ini yang merupakan kitab tafsir bir ro’yi adalah ….
a. Tafsir al-Qur’an al-Adzim Ibnu Katsir
b. Jami’ al Bayan an Ta’wi Ayil Qur’an
c. Tafsir al Jalalain
d. Shofwatut Tafasir
e. al-Bahr al-Ulum
19.  Yang merupakan kitab tafsir bil ma’tur berikut ini adalah  ….
a. Tafsir al Jalalain                                                d. al-Kasyyaf
b.Mafatih al-Ghaib                                               e. Tanzihul Qur’an
c. ad-Durur an-Mantsur                                                  
20.  Pernyataan yang bukan merupakan faedah mengetahui asbabunnnuzul adalah…
a.    memahami kedudukan kalimat dalam ayat al-qur’an
b.    mengatasai keraguan dalam memahami pesan al-Qur’an
c.    mengkhususkan hukum yang diturunkan apabila redaksi ayatnya umum
d.   mengetahui hukum sebenarnya yang terkandung dalam al-Qur’an
e.    menjelaskan hikmah pemberlakuan hukum
21. Makanan yang halal, sehat dan bergizi sangat dianjurkan oleh Allah. Hal itu sesuai dengan ayat…
a.     يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا لَا تَقْرَبُوا الصَّلَاةَ وَأَنْتُمْ سُكَارَى (النسآء:43)
b.    يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا لَا تُحَرِّمُوا طَيِّبَاتِ مَا أَحَلَّ اللَّهُ لَكُمْ وَلَا تَعْتَدُوا (المآئدة:87)
c.     وَتِلْكَ حُجَّتُنَا آَتَيْنَاهَا إِبْرَاهِيمَ عَلَى قَوْمِهِ نَرْفَعُ دَرَجَاتٍ مَنْ نَشَاءُ (الأنعام:83)
d.    يَسْأَلُونَكَ عَنِ الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ قُلْ فِيهِمَا إِثْمٌ كَبِيرٌ وَمَنَافِعُ لِلنَّاسِ (البقرة:219)
e.     يَا أَيُّهَا النَّاسُ كُلُوا مِمَّا فِي الْأَرْضِ حَلَالًا طَيِّبًا وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ (البقرة:168)
22. Meminum khomer akan berdampak negatif pada kehidupan sosial dan spiritual masyarakat, hal ini dijelaskan dalam ayat ….
 a.      وَمِنْ ثَمَرَاتِ النَّخِيلِ وَالْأَعْنَابِ تَتَّخِذُونَ مِنْهُ سَكَرًا وَرِزْقًا حَسَنًا (النحل :67)
b. إِنَّمَا يُرِيدُ الشَّيْطَانُ أَنْ يُوقِعَ بَيْنَكُمُ الْعَدَاوَةَ وَالْبَغْضَاءَ فِي الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ وَيَصُدَّكُمْ عَنْ ذِكْرِ اللَّهِ وَعَنِ الصَّلَاة (المائدة :91)
c. يَسْأَلُونَكَ عَنِ الْخَمْرِ وَالْمَيْسِرِ قُلْ فِيهِمَا إِثْمٌ كَبِيرٌ وَمَنَافِعُ لِلنَّاسِ (البقرة :219)
d. إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْأَنْصَابُ وَالْأَزْلَامُ رِجْسٌ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ (المائدة :90)
e. يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا لَا تَقْرَبُوا الصَّلَاةَ وَأَنْتُمْ سُكَارَى حَتَّى تَعْلَمُوا مَا تَقُولُونَ (النساء:43)
23.  ادْعُ إِلَى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ
Potongan QS. An-Nahl :125 di atas menjelaskan tentang ….
a.    berbuat kebaikan
b.    macam-macam dakwah
c.    metode dan strategi dakwah
d.   sasaran atau obyek dakwah
e.    tantangan orang yang berdakwah
24. Orangnya miskin, anaknya banyak, sebagian anak yang sudah besar membantu orang tua mengemis, tidak berpendidikan semua. Fenomena keluarga semacam ini berlawanan dengan pesan Allah dalam Al-Qur'an:
a.
فَإِنْ خِفْتُمْ فَرِجَالًا أَوْ رُكْبَانًا (البقرة: 239)
b.
فَأَصْلِحُوا بَيْنَهُمَا بِالْعَدْلِ وَأَقْسِطُوا إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُقْسِطِينَ (الحجرات: 9)
c.
وَالْمُؤْمِنُونَ وَالْمُؤْمِنَاتُ بَعْضُهُمْ أَوْلِيَاءُ بَعْضٍ (التوبة: 71)
d.
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولِي الْأَمْرِ مِنْكُمْ (النساء: 59)
e.
وَلْيَخْشَ الَّذِينَ لَوْ تَرَكُوا مِنْ خَلْفِهِمْ ذُرِّيَّةً ضِعَافًا خَافُوا عَلَيْهِمْ فَلْيَتَّقُوا اللَّهَ (النساء: 9)
25. Berikut ini adalah ayat- ayat al-Qur'an yang terkait dengan pembinaan keluarga, kecuali ….
a. وَلْيَخْشَ الَّذِينَ لَوْ تَرَكُوا مِنْ خَلْفِهِمْ ذُرِّيَّةً ضِعَافًا-النساء :9
b. يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا قُوا أَنْفُسَكُمْ وَأَهْلِيكُمْ نَارًا-التحريم :6
c. وَأْمُرْ أَهْلَكَ بِالصَّلَاةِ وَاصْطَبِرْ عَلَيْهَا لَا نَسْأَلُكَ رِزْقًا نَحْنُ نَرْزُقُكَ-طه :132
d. وَإِذْ قَالَ لُقْمَانُ لِابْنِهِ وَهُوَ يَعِظُهُ يَا بُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللَّهِ- لقمان :12
e. يُوصِيكُمُ اللَّهُ فِي أَوْلَادِكُمْ لِلذَّكَرِ مِثْلُ حَظِّ الْأُنْثَيَيْنِ-النساء:12


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PORTOFOLIO RANGKUMAN TUGAS PEMBATIK LEVEL 4 TAHUN 2023

Tidak terasa perjalanan yang luar biasa hingga sampai pada titik ini. Langkah demi langkah, menyelesaikan tugas demi tugas yang tentunya ber...