Rabu, 09 November 2016

Soal Latihan Pelajaran Tafsir Kelas XII MA Try Out 5

1.    Makna tafsir yang sesuai dengan definisi di bawah ini adalah …..
التفسير شرح القران وبيان معناه والإفصاح بما يقتضيه بنصه أو إشارته أو نجواه
A.    Menjelaskan kata yang sukar dipahami, selanjutnya berusaha mengemukakan makna yang mendekatinya
B.    Menjelaskan dan memahami makna-makna kata-kata  Allah yang ditirunkan kepada Nabi, serta menyimpulkan kandungan hukum
C.   Membahas mengenai cara mengucapan kata-kata al-Qur'an serta mengungkapkan petunjuk dan makna-makna yang terkandung di dalamnya
D.   Pemahaman secara komprehensif tentang kitab Allah dan penjelasan makna yang dalam
E.    Menjelaskan Al-Qur'an menerangkan maknanya atau menjelaskan apa yang dikehendaki nash, isyarat, serta tujuannya
2.    Perhatikan pernyataan berikut ini !
عِلْمٌ يُبْحَثُ فِيْهِ عَنِ القُرْآنِ الكَرِيْمِ مِنْ حَيْثُ دِلاَلَتِهِ عَلَى مُرَادِ الله تَعَالى  بِقَدْرِ الطَّا قَةِ البَشَرِيَّة
Kalimat di atas adalah definisi tafsir menurut …
A.    az- Zarkasyi                                        D. Abu Hayyan
B.    al-Jurzani                                            E. al-Baghdadi
C.   az- Zarqoni
3.   Ayat – ayat al-Qur’an berikut ini mengandung marji’ dhamir yang diakhirkan, kecuali ….
A. قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ (الإخلاص:1)
B. وَلَا يُسْأَلُ عَنْ ذُنُوبِهِمُ الْمُجْرِمُونَ (القصص:78)
C. بِئْسَ الشَّرَابُ وَسَاءَتْ مُرْتَفَقًا(الكهف:29)
D. اعْدِلُوا هُوَ أَقْرَبُ لِلتَّقْوَى (المآئدة:8)
E. فَإِذَا هِيَ شَاخِصَةٌ أَبْصَارُ الَّذِينَ كَفَرُوا(الأنبياء:97)
4.  Ayat – ayat al-Qur’an berikut ini mengandung marji’ dhamir yang diawalkan, kecuali ….
A. هُنَالِكَ دَعَا زَكَرِيَّا رَبَّه
B. نِعْمَ أجْرُ العَامِلِيْنَ
C. وَنَادَى نُوحٌ ابْنَه
D. اعْدِلُوا هُوَ أَقْرَبُ لِلتَّقْوَى
E. فَمَنْ عُفِيَ لَهُ مِنْ أَخِيهِ شَيْءٌ فَاتِّبَاعٌ بِالْمَعْرُوفِ وَأَدَاءٌ إِلَيْهِ بِإِحْسَانٍ
5.  وَالَّذِى قَالَ لِوَالِدَيْهِ أُفٍّ لَكُمَا ( الأحقاف:17)
Kata ma’rifah dalam bentuk isim maushul pada ayat di atas menunjukkan ….
A.  banyak orang yang mendurhakai orang tuanya
B.  sedikit orang yang mendurhakai orang tuanya
C. tidak ada orang yang berkata cis kepada orang tuanya
D. orang yang berkata cis pada orang tuanya disembunyikan identitasnya
E.  larangan tegas berkata cis pada orang tuanya
6. ذَلِكَ الكِتَابُ لاَ رَيْبَ فِيْهِ (البقرة:2)
Penggunaan isim isyarah pada ayat di atas berfungsi menunjukkan….
A.    kedekatan al-Qur’an
B.    bahwa al-Qur’an jauh bagi orang kafir
C.   keagungan al-Qur’an
D.   kejelasan al-Qur’an
E.    keajaiban al-Qur’an
7. وَجَاءَ مِنْ أَقْصَا الْمَدِيْنَةِ رَجُلٌ يَسْعَى يَا قَومِ اتَّبِعُوا الْمُرْسَلِيْنَ (يس:20 )
Kata  رَجُلٌ  pada ayat di atas adalah isim nakirah yang menunjukkan arti ….
A.banyak orang laki-laki
B.sedikit orang laki-laki
C.satu orang laki-laki
D.dua orang laki-laki
E.tiga orang laki-laki
8. أُولئِكَ عَلَى هُدًى مِنْ رَّبِّهِم وَأُولئك هم الْمُفْلِحُون (البقرة:5)
Pengulangan isim ma’rifah berupa isim isyarah pada ayat di atas mempunyai faedah ….
A.    menunjukkan orang yang berbeda
B.    menegaskan
C.   meremehkan
D.   memuliakan
E.    melecehkan
9. كَمَا أَرْسَلْنَا إِلَى فِرْعَوْنَ رَسُولًا . فَعَصَى فِرْعَوْنُ الرَّسُول
Yang dimaksud dengan kata rasul pada ayat di atas adalah ….
A.    Musa
B.    Musa dan Harun
C.   rasul yang lain
D.   banyak rasul
E.    dua orang rasul
10. Berikut ini adalah ayat al-Qur’an yang mengandung kata yang selalu disebut dalam bentuk jama’ dalam al-Qur’an adalah ….
A. فَإِنْ كَذَّبُوكَ فَقَدْ كُذِّبَ رُسُلٌ مِنْ قَبْلِك
B. لَا يَتَّخِذِ الْمُؤْمِنُونَ الْكَافِرِينَ أَوْلِيَاءَ مِنْ دُونِ الْمُؤْمِنِين
C. وَيُطَافُ عَلَيْهِمْ بِآنِيَةٍ مِنْ فِضَّةٍ وَأَكْوَابٍ كَانَتْ قَوَارِيرَا
D. إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللَّهِ الْإِسْلَام
E. يُرِيدُونَ أَنْ يُطْفِئُوا نُورَ اللَّهِ بِأَفْوَاهِهِمْ وَيَأْبَى اللَّهُ إِلَّا أَنْ يُتِمَّ نُورَهُ وَلَوْ كَرِهَ الْكَافِرُونَ
11. Lafadz dalam al-Qur’an yang selalu ditulis dalam bentuk mufrod adalah ….
A. الدِّين
B. الْمُؤْمِنُ
C. الكافِرُ
D.السَّبِيْل
E.السَّمَاء
12. وَمَنْ يَتَبَدَّلِ الْكُفْرَ بِالْإِيمَانِ فَقَدْ ضَلَّ سَوَاءَ السَّبِيلِ (البقرة: 108)
Kata  السَّبِيلِ pada ayat di atas memiliki makna
A. jalan kehidupan
B.jalan kebenaran
C.jalan kesesatan
D.jalan biasa
E.pilihan hidup
13. وَلِلَّهِ الْمَشْرِقُ وَالْمَغْرِبُ فَأَيْنَمَا تُوَلُّوا فَثَمَّ وَجْهُ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ وَاسِعٌ عَلِيمٌ
Kata الْمَشْرِقُ وَالْمَغْرِبُ pada ayat di atas maksudnya adalah ….
A.   arah timur dan barat
B.   tempat terbit dan tenggelamnya matahari
C.   tempat muncul dan lenyapnya musim
D.   arah shalat atau kiblat
E.   tempat orbit planet-planet
14. Perhatikan ayat berikut ini !
الَّذِينَ يَخْشَوْنَ رَبَّهُمْ بِالْغَيْبِ وَهُمْ مِنَ السَّاعَةِ مُشْفِقُون(الأنبياء:49)
Penggunaan kata yang bergaris bawah menunjukkan ….
A.    takut kepada Allah sama halnya dengan takut pada makhluk
B.   kelemahan orang yang takut kepada Allah
C.   keagungan orang yang takut kepada Allah
D.   keagungan Allah sebagai Zat yang ditakuti
E.   ketundukan semua makhluk kepada Allah
15. Tafsir Ibnu Katsir merupakan tafsir dengan metode ….
A. tahlili yang mengambil bentuk falsafi
B. tahlili yang mengambil bentuk bil ma’tsur
C. maudhu’i yang membahas  al-Qur’an secara utuh
D. ijmali yang berupa tafsir bil ma’tsur
E. muqaran yang mengkomparasikan banyak pendapat tafsir
16.Metode tafsir yang bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap ayat al-Qur’an secara luas dari berbagai aspeknya adalah metode ….
A. tahlili
B. maudhu’i
C. ijmali
D. isyari
E. muqaran
  17. Yang bukan merupakan ciri dari tafsir dengan metode maudhu’i adalah ….
A. adanya tema pokok
B. menghimpun beberapa ayat
C. menyusun pembahasan secara sistematik
D. melakukan kajian kronologis turunnya ayat
E. tidak mengkaji ayat dari aspek kebahasaan
18. Contoh penafsiran Nabi saw. terhadap al-Qur’an adalah penafsiran kata  الكَوثَر  pada Surat al-Kautsar ayat 1 yang beliau tafsirkan dengan ….
A. nama salah satu surga
B. nama surga yang dikhususkan untuk Nabi saw
C. nama telaga di surga
D. nama telaga di dunia
E. nama daerah di jazirah Arab
19. Salah satu sumber tafsir pada masa sahabat adalah ijtihad para sahabat. Di dalam berijtihad para sahabat menggunakan piranti-piranti sebagai berikut, kecuali ….
A. kekuatan nalar dan pemahaman
B. pengetahuan tentang bahasa Arab
C. pengetahuan tentang tradisi bangsa Arab
D. pengetahuan tentang agama-agama terdahulu
E. pengetahuan tentang kondisi ahli kitab pada masa turunnya al-Qur’an
20. Sahabat Nabi yang dikenal sebagai ahli tafsir dan menjadi rujukan banyak dari kalangan tabi’in serta menjadi tokoh pusat bengembangan tafsir rasional adalah ….
A. Ibnu Abbas
B. Ibnu Mas’ud
C. Ubai bin Ka’ab
D. Ali bin Abi Thalib
E. Zaid bin tsabit
21. Gerakan awal kodifikasi tafsir terjadi pada abad ke 2 H. Berikut ini pernyataan-pernyataan yang benar terkait dengan sejarah kodifiaksi tafsir, kecuali ….
A. kodifikasi tafsir pada mulanya merupakan bagian dari kodifikasi hadis
B. pelaku kodifikasi tafsir pada tahap awal adalah ulama hadis
C. munculnya kodifikasi tafsir sebagai dampak dari perkembangan ilmu pengetahuan dalam dunia Islam
D. kitab tafsir yang paling tua yang ada sampai sekarang adalah karya Ibnu Jarir at-Thabari
E. pada tahap awal kodifikasi  tafsir tidak mengikuti metode kodifikasi hadis yang mencantumkan sanad  
22. Rangkaian ayat al-Qur’an yang merupakan contoh tafsir bil ma’tsur adalah ….
A. اهِدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيم * صِرَاط الذين أنعمتَ عَليهم ...
B. قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الفَلَقِ * مِنْ شَرِّ مَاخَلَق
C. تَبَّتْ يَدَا أبِى لَهَبٍ وَتّبَّ * مَا أغْنَى عَنْهُ مَالُهُ وَمَا كَسَب
D. يَا أيُهَا الْمُدَثِّر, قُم فَأَنْذِر
E.وَالعَصْر * إنّ الإنْسَان لَفِى خُسْر
23. Tafsir bil ma’tsur pertama kali muncul pada masa ….
A. Nabi saw
B. sahabat
C. tabi’in
D. tadwin
E. modern

24. Berikut ini merupakan penafsiran bir ro’yi madzmum, kecuali ….
A. penafsiran al-Qur’an dengan ra’yu sedangkan mufassirnya tidak memenuhi syarat keilmuan.
B. menafsirkan ayat dengan disertai hawa nafsu
C. menafsirkan ayat untuk mendukung madzhab yang salah
D. menafsirkan ayat hanya dari aspek kebahasaan
E. menafsirkan ayat yang bertentangan dengan kaidah bahasa Arab.
25. Pada masa Usman bin Affan pernah terjadi beragam perbedaan cara membaca al-Qur’an. Hal ini terjadi karena ….
A. di anjurkan oleh Rasulullah
B. munculnya mushaf baru
C. perbedaan dialeg
D. perbedaan pemahaman tehdap al-Qur’an
E. kembali kepada hukum jahiliyah
26. Qiro’at yang tidak boleh dibaca dalam shalat adalah qiro’at ….
A. shohihah                                               D. mutawatiroh
B. sab’ah                                                   E. masyhurah
C. syadzah
27. Contoh ayat yang merupakan qira’at syadzah  adalah….
A.وَاللهُ كَانَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ
B. لَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَنْ تَبْتَغُوا فَضْلًا مِنْ رَبِّكُم
C. مُتَّكِئِينَ عَلَى رَفَارِفَ خُضْرٍ وَعَباَقِرِيٍّ حِسَانٍ
D. لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مِنْ أَنْفَسِكُم
E. إِذَا نُودِيَ لِلصَّلَاةِ مِنْ يَوْمِ الْجُمُعَةِ فَاسْعَوْا إِلَى ذِكْرِ اللَّه
28. Perhatikan perbedaan qiroa’t pada ayat berikut ini !
إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ
إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلِكُمْ
Hikmah perbedaan qiro’at yang sama-sama shahih pada ayat di atas adalah ….
A.  menunjukkan kemukjizatan al-Qur'an dari segi kepadatan maknanya
B.  meringankan umat Islam dan memudahkan mereka untuk membaca
C.  menunjukkan penjagaan Allah terhadap al-Qur'an dengan ragam bacaan
D.  untuk menjelaskan apa yang mungkin masih global dalam suatu qiro'at
E.  memudahkan membaca al-Qur'an dengan dialeg masing-masing
29. Selain istilah qiro’at sab’ah ada juga istilah qiro’at asyrah. Adapun 3 imam qiro’at yang menjadi pelengkap qiro’at asyrah di luar imam-imam qiro’at sab’ah adalah ….
A. Nafi. Al-Madani, Hamzah al-Kufi, & Ibnu Katsir
B. Ashim al-Kufi, Ibnu Amir as-Syami, & Ya’qub
C. Yazid bin Qa'qa', Ya'qub bin Ishaq, & Kholaf bin Hisyam.
D. Imam Hafash, Khalaf bin Hisyam, & Hamzah
E. Abu Amar, Ubaidillah, Yazid
30. Ilmu yang mempelajari korelasi dan keterkaitan ayat-ayat al-Qur’an adalah ….
A. ilmu asbab nuzul
B. ilmu munasabah
C. ilmu nuzul al-Qur’an
D. ilmu amtsal al-Qur’an
E. ilmu gharaib al-Qur’an
 31. Perhatikan QS. al-A’raf :187 berikut ini !
يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّي لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلَّا هُوَ
Sebab turun ayat tersebut adalah ….
A.    pertanyaan kepada Nabi tentang wujud Allah
B.    pertanyaan sahabat tentang khamr
C.   pertanyaan ahli kitab tentang waktu
D.   pertanyaan kepada Nabi tentang waktu shalat
E.    pertanyaan kepada Nabi tentang datangnya kiamat
32.  اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ * صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّين
Pada kedua ayat ini terdapat munasabah antara ….
A.  ayat dengan ayat
B.  surat dengan surat
C.  fashilah dengan fashilah
D.  ayat dengan nama surat
E.  akhir surat dengan awal surat
33. Perhatikan dua ayat berikut ini!
الحَمْدُ لِلّه رَبِّ العَالَمِيْن (الفاتحة :2)
يَا أَيُّهَا النَّاسُ اعْبُدُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ وَالَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ (البقرة: 21)
Jenis munasabah antara kedua ayat di atas adalah ….
A.    munasabah antar ayat yang berdapingan
B.    munasabah antar bagian ayat
C.   munasabah antar surat
D.   munasabah antara awal dan akhir surat
E.    munasabah antara nama dan isi surat
34. Perhatikan ayat berikut ini!
إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَالْفُلْكِ الَّتِي تَجْرِي فِي الْبَحْرِ بِمَا يَنْفَعُ النَّاسَ وَمَا أَنْزَلَ اللَّهُ مِنَ السَّمَاءِ مِنْ مَاءٍ فَأَحْيَا بِهِ الْأَرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَا وَبَثَّ فِيهَا مِنْ كُلِّ دَابَّةٍ وَتَصْرِيفِ الرِّيَاحِ وَالسَّحَابِ الْمُسَخَّرِ بَيْنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَعْقِلُونَ
Berikut ini adalah tanda-tanda kebesaran Allah yang disebutkan pada ayat di atas, kecuali ….
A.    penciptaan langit dan bumi
B.    penciptaan manusia
C.   berjalannya kapal di atas lautan
D.   turunnya hujan
E.    pengkisaran angin
35. Salah satu tanda kekuasaan dan kebesaran Allah SWT proses terjadinya bumi yang pada awalnya menyatu dengan planet-planet lain. Hal ini dijelaskan dalam ayat ….
A. أَوَلَمْ يَرَ الَّذِينَ كَفَرُوا أَنَّ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ كَانَتَا رَتْقًا فَفَتَقْنَاهُمَا
B. إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ
C. قُلِ انْظُرُوا مَاذَا فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَمَا تُغْنِي الْآَيَاتُ وَالنُّذُرُ عَنْ قَوْمٍ لَا يُؤْمِنُونَ
D. وَجَعَلْنَا اللَّيْلَ وَالنَّهَارَ آيَتَيْنِ فَمَحَوْنَا آيَةَ اللَّيْلِ وَجَعَلْنَا آيَةَ النَّهَارِ
E. سَنُرِيهِمْ آيَاتِنَا فِي الآفَاقِ وَفِي أَنْفُسِهِمْ حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَهُمْ أَنَّهُ الْحَقُّ
36. Ahmad mendatangi pengajian seorang yang diisi oleh da’i kondang di masjid kampungnya. Jumlah jama’ah sangat banyak hingga memenuhi masjid. Ketika sedang khusuk mendengarkan tausiyah tiba-tiba datang beberapa jama’ah lain. Ahmad dan beberapa jama’ah merangsek ke depan untuk memberi tempat kepada mereka yang baru datang. Tindakan ini sesuai dengan etika yang diamanahkan oleh ayat ….
A. لَا يَسْخَرْ قَوْمٌ مِنْ قَوْمٍ عَسَى أَنْ يَكُونُوا خَيْرًا مِنْهُم
B. إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا
C. وَأَقِيمُوا وُجُوهَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ
D. خُذُوا زِينَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَكُلُوا وَاشْرَبُوا
E. فَإِذَا قُضِيَتِ الصَّلَاةُ فَانْتَشِرُوا فِي الْأَرْضِ وَابْتَغُوا مِنْ فَضْلِ اللَّهِ
37. يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لِمَ تَقُولُونَ مَا لَا تَفْعَلُونَ (2) كَبُرَ مَقْتًا عِنْدَ اللَّهِ أَنْ تَقُولُوا مَا لَا تَفْعَلُون
Perbuatan yang sesuai dengan pesan ayat tersebut ….
A.    tidak banyak berbicara
B.    tidak banyak bergaul dengan orang lain
C.   mengajak diri sendiri sebelum mengajak orang pada kebaikan
D.   mendahulukan orang terdekat dalam berdakwah
E.    tidak melakukan dakwah sebelum memiliki ilmu yang tinggi
38. وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُون
Prilaku yang sesuai dengan ayat di atas ….
A. toleransi dengan tetangga
B. mengatur strategi perang
C. tekun ibadah
D. memberantas narkoba
E. giat bekerja
39. Perhatikan ayat berikut ini !
وَابْتَغِ فِيمَا آتَاكَ اللَّهُ الدَّارَ الْآخِرَةَ وَلَا تَنْسَ نَصِيبَكَ مِنَ الدُّنْيَا وَأَحْسِنْ كَمَا أَحْسَنَ اللَّهُ إِلَيْكَ وَلَا تَبْغِ الْفَسَادَ فِي الْأَرْضِ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ الْمُفْسِدِين (القصص:77)
Ungkapan yang menunjukkan bahwa Islam mendorong umatnya agar memiliki etos kerja adalah ….
A. وَابْتَغِ فِيمَا آتَاكَ اللَّهُ
B. الدَّارَ الْآخِرَةَ
C. وَلَا تَنْسَ نَصِيبَكَ مِنَ الدُّنْيَا
D. وَأَحْسِنْ كَمَا أَحْسَنَ اللَّهُ
E. وَلَا تَبْغِ الْفَسَادَ فِي الْأَرْضِ
40. Bersikap dan berlaku adil harus diterapkan kepada siapa saja tanpa pandang bulu, bahkan terhadap orang yang kita benci. Hal ini sesuai dengan ayat ….
A. وَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَآنُ قَوْمٍ عَلَى أَلَّا تَعْدِلُوا
B. اعْدِلُوا هُوَ أَقْرَبُ لِلتَّقْوَى
C. إِنَّ اللَّهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإِحْسَانِ
D. وَلَا تَكُنْ لِلْخَائِنِينَ خَصِيمًا
E. وَلَا يُؤْخَذُ مِنْهَا عَدْلٌ وَلَا هُمْ يُنْصَرُون
41.  إِنَّا أَنْزَلْنَا إِلَيْكَ الْكِتَابَ بِالْحَقِّ لِتَحْكُمَ بَيْنَ النَّاسِ بِمَا أَرَاكَ اللَّهُ وَلَا تَكُنْ لِلْخَائِنِينَ خَصِيمًا
Prilaku yang sesuai dengan pesan QS. an-Nisa:105 ini adalah …
A.    mengkhiananti perjanjian
B.    menghukum orang yang berkhianat
C.   tidak membela orang yang bersalah
D.   membela orang lemah
E.    taat kepada pemerintah
42. Ayat al-Qur’an yang mendorong umat Islam memiliki kepedulian terhadap kaum dhuafa dan orang-orang pinggiran adalah ….
A. وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ
B. وَآتَى الْمَالَ عَلَى حُبِّهِ ذَوِي الْقُرْبَى وَالْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينَ
C. وَلَكِنَّ الْبِرَّ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَالْمَلَائِكَةِ وَالْكِتَابِ وَالنَّبِيِّين
D. وَالْمُوفُونَ بِعَهْدِهِمْ إِذَا عَاهَدُوا
E. وَالصَّابِرِينَ فِي الْبَأْسَاءِ وَالضَّرَّاءِ وَحِينَ الْبَأْس
43. Bu Khafifah memiliki suami yang gajinya pas-pasan tapi keluarganya tidak banyak mengalami persoalan finansial, karena sebagai istri ia selalu berusaha mengatur keuangan dengan cermat, tidak membeli barang-barang kecuali yang dibutuhkan dan selalu berusaha menyisihkan uang belanja untuk ditabung. Hal ini sesuai dengan amanah ayat ….
A. وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ
B. وَآتَى الْمَالَ عَلَى حُبِّهِ ذَوِي الْقُرْبَى وَالْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينَ
C. وَلَكِنَّ الْبِرَّ مَنْ آمَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَالْمَلَائِكَةِ وَالْكِتَابِ وَالنَّبِيِّين
D. وَآتِ ذَا الْقُرْبَى حَقَّهُ وَالْمِسْكِينَ وَابْنَ السَّبِيلِ وَلَا تُبَذِّرْ تَبْذِيرًا
E. إِنَّ الْمُبَذِّرِينَ كَانُوا إِخْوَانَ الشَّيَاطِين
44.لاَأَعْبُدُ مَا تَعبُدُون وَلاَ أَنْتُم عَابِدُونَ مَا أعْبُدُ
Menurut ayat di atas, sikap yang boleh dikembangkan adalah ….
A.    membenci tetangga non muslim
B.    mengucapkan selamat hari natal
C.   menganggap semua agama benar
D.   memelihara kerukunan antar umat beragama
E.    bekerja salam dengan umat lain dalam beribadah
 
45. Perhatikan QS. Ali Imran :103 berikut ini !
وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا وَاذْكُرُوا نِعْمَتَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ إِذْ كُنْتُمْ أَعْدَاءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهِ إِخْوَانًا
Sikap yang tepat sesuai dengan ayat di atas adalah ….
A.    meyakini kebenaran semua agama
B.    tidak saling menyalahkan antara kelompok umat Islam
C.   tidak mengikuti organisasi keagamaan apapun
D.   bersikap tegas terhadap musuh-musuh Islam
E.    tidak mentolerir perbedaan di antara umat Islam
46.Sikap yang tepat terhadap perselisihan di antara orang-orang beriman adalah mendamaikan mereka dan tidak memprofokasi perselisihan tersebut agar lebih panas. Hal ini sesuai dengan ayat ….
A. إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُم
B. يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا يَسْخَرْ قَوْمٌ مِنْ قَوْمٍ عَسَى أَنْ يَكُونُوا خَيْرًا مِنْهُمْ
C. وَلَا تَلْمِزُوا أَنْفُسَكُمْ وَلَا تَنَابَزُوا بِالْأَلْقَاب
D. وَاعْتَصِمُوا بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا
E. إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَى وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا
47. Perhatikan QS. an-Nahl:125 berikut ini !
ادْعُ إِلَى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيلِهِ وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِين
Berikut ini adalah metode atau strategi dakwah yang dapat dikembangkan berdasarkan ayat di atas, kecuali ….
A.    berdakwah melalui seni
B.    berdakwah melalui ceramah
C.   berdialog dengan penganut agama lain
D.   kegiatan doa bersama dengan berbagai penganut agama
E.    berdakwah dengan kegiatan tadabbur alam
48. وَلْيَخْشَ الَّذِينَ لَوْ تَرَكُوا مِنْ خَلْفِهِمْ ذُرِّيَّةً ضِعَافًا خَافُوا عَلَيْهِمْ فَلْيَتَّقُوا اللَّهَ وَلْيَقُولُوا قَوْلًا سَدِيدًا
Berikut ini adalah prilaku yang bertentangan dengan semangat ayat di atas, kecuali ….
A.    memiliki anak banyak
B.    menelantarkan anak
C.   mempekerjakan anak di bawah umur
D.   penjualan anak (trafficking)
E.    pelecehan seksual terhadap anak
49. يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولِي الْأَمْرِ مِنْكُمْ
 Yang tidak termasuk ke dalam pengertian ulil amri adalah ….
A.    presiden
B.    penegak hukum
C.   pemimpin in formal
D.   ulama
E.    pengurus partai
50. Seorang dokter menghadapi kasus pasien yang menderita penyakit yang belum pernah terjadi sebelumnya dan belum ditemukan obatnya. Namun dengan kegigihan dan keyakinan bahwa setiap penyakit pasti ada obatnya, dokter tersebut terus melakukan penelitian hingga akhirnya menemukan obat bagi kasus penyakit tersebut. Tindakan dokter tersebut merupakan inspirasi dari ayat ….
A. أَلَمْ تَرَ أَنَّ اللَّهَ أَنْزَلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَخْرَجْنَا بِهِ ثَمَرَاتٍ مُخْتَلِفًا أَلْوَانُهَا
B. سَنُرِيهِمْ آَيَاتِنَا فِي الْآَفَاقِ وَفِي أَنْفُسِهِمْ حَتَّى يَتَبَيَّنَ لَهُمْ أَنَّهُ الْحَقُّ
C. إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَآَيَاتٍ لِأُولِي الْأَلْبَابِ
D. يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِ شِفَاءٌ لِلنَّاسِ
E. اقْرَأْ باسْمِ رَبِّكَ الَّذِي خَلَقَ خَلَقَ الإِنْسَانَ مِنْ عَلَق



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PORTOFOLIO RANGKUMAN TUGAS PEMBATIK LEVEL 4 TAHUN 2023

Tidak terasa perjalanan yang luar biasa hingga sampai pada titik ini. Langkah demi langkah, menyelesaikan tugas demi tugas yang tentunya ber...