RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : MTs _______________
Mata
Pelajaran : Fiqih
Kelas
/ semester : VII C / Gasal
Materi
Pokok : Azan dan Iqomah
Alokasi
waktu : 2 X 40 menit
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI 1. Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin,
tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya
KI 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual,
dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4. Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara maniri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar (KD)
1.4 Menghayati makna azan dan iqomah
2.4 Menghayati makna azan dan iqomah
3.5 Memahami ketentuan azan dan iqomah
4.2 Mempraktikkan azan dan iqomah
C.
Indikator
3.5.1 Siswa mampu menjelaskan pengertian Azan dan
Iqomah
3.5.2 Siswa mampu menyebutkan keutamaan Azan dan
Iqomah
3.5.3 Siswa mampu menyebutkan hukum Azan dan
Iqomah
3.5.4 Siswa mampu mengidentifikasi syarat Azan dan
Iqomah
3.5.5 Siswa mampu menyebutkan sunnah-sunnah Azan
4.2.1 Siswa mampu mempraktikkan azan dan iqomah
D.
Materi
Pembelajaran
1.
Pengertian
Azan dan Iqomah
Adzan secara bahasa adalah pengumuman
atau pemberitahuan, sedangkan dalam istilah adzan adalah perkataan tertentu
yang bergun memberitahukan masuknya waktu shalat yang fardhu. Sedangkan iqamah
adalah pertanda shalat berjama’ah dimulai. Hukum adzan dan iqamat adalah
sunnah.
2.
Lafal
Azan dan Iqomah
3.
Keutamaan
Azan dan Iqomah
4.
Hukum
Azan dan Iqomah
Hukum adzan menurut jumhur ulama
adalah sunnah muakkadah, yaitu bagi laki-laki yang dikerjakan di masjid untuk
shalat wajib 5 waktu dan juga shalat Jumat. Sedangkan selain untuk shalat
tersebut, tidak disunnahkan untuk mengumandangkan adzan, misalnya shalat Iedul
Fithri, shalat Iedul Adha, shalat tarawih, shalat jenazah, shalat gerhana dan
lainnya.
5.
Syarat Azan dan Iqomah
a.
Telah Masuk Waktu
b.
Harus Berbahasa Arab
c.
Tidak Bersahutan
d.
Muslim, Laki, Akil Baligh.
e.
Tertib Lafaznya
6. Sunnah-sunnah
Azan
f.
Hendaklah muadzin suci dan hadast besar dan kecil.
g.
Hendaklah
ia berdiri menghadap kiblat.
h. Menghadapkan wajah dan lehernya ke
sebelah kanan ketika mengucapkan ‘Hayya
‘alas shalah’ dan ke sebelah kiri ketika mengucapkan, ‘Hayya ‘alal falah’
i.
Memasukkan
dua jari ke dalam telinganya, karena ada pernyataan Abu
j.
Mengeraskan
suaranya ketika adzan, sebagaimana yang dijelaskan
E.
Metode
Pembelajaran
1.
Ceramah
2.
Tanya
Jawab
3.
Card
Short
F.
Media,
Alat/Bahan
1.
Spidol 4. Gambar
2.
White
Board
3.
Peta
Konsep
G.
Sumber
Belajar
1.
Buku
Pedoman Guru Fiqih kelas VII Mts
2.
Buku
Pegangan siswa Fiqih kelas VII Mts
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
1.
Guru membuka pembelajaran dengan mengucap salam.
2.
Guru menanyakan kabar siswa.
3.
Guru memeriksa kehadiran, dan tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
4.
Mengajukan pertannyaan secara komunikatif dengan materi sebelumnya dan
mengaitkan materi yang akan dipelajari.
5.
Guru menjelaskan tujuan dan manfaat materi pembelajaran.
|
10 Menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Mengamati
1)
Siswa
mengamati gambar orang azan
2)
Siswa
menyimak
hasil pengamatan gambarnya
3)
Siswa
menyimak penjelasan guru tentang azan dan iqomah
b.
Menanya
1)
Guru memotivasi siswa untuk mengajukan
pertannyaan.
2)
Siswa
bertanya mengenai penjelasan guru tentang azan dan iqomah
c.
Mengeksperimen/Mengexplorasi
1)
Siswa
mencari informasi dari kartu yang didapat mengenai azan dan iqomah.
d.
Asosiasi
1) Siswa
merumuskan hasil dari kartu yang didapat dan penggaliannya berkaitan dengan adzan dan iqomah.
2) Siswa mencocokkan materi yang diperoleh
dari sumber lain.
e.
Komunikasi
1)
Masing-masing
siswa menempelkan kartu yang di dapat di depan sesuai dengan kategori.
2)
Guru mengoreksi jawaban siswa yang
ditempelkan.
|
55 Menit
|
3.
|
Penutup
1.
Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal yang
diberikan.
2.
Guru memberi penguatan, sekaligus mengajak para siswa untuk menyimpulkan
materi pembelajaran secara bersama-sama.
3.
Guru mengingatkan dan menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya.
4. Guru menutup pelajaran dengan
membaca salam dan membaca hamdalah.
|
15
Menit
|
I.
Penilaian
Bentuk
penilaian Terlampir
Klaten, ........................................
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru PAI
________________ ____________________
NIP.
Lampiran Penilaian Pengetahuan
a.
Jenis/
teknik penilaian: Uji tulis
b.
Bentuk
instrumen dan instrumen : Uraian:
No
|
Soal
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Jelaskan pengertian azan dan iqomah?
|
Azan adalah perkataan tertentu yang berguna
memberitahukan masuknya waktu sholat yang fardhu.
Iqomah adalah pertanda sholat berjamaah dimulai.
|
20
|
2.
|
Apa hukun
azan menurut jumhur ulama?
|
Sunnah muakkad, yaitu bagi laki-laki yang
dikerjakan di masjid untuk sholat wajib lima waktu dan juga sholat jum’at.
|
20
|
3.
|
Sebutkan sholat yang tidak ada azan dan iqomahnya?
|
Sholat
sunah, sholat jenazah, sholat dua hari raya, sholat istisqo’, dan lain-lain.
|
20
|
4.
|
Sebutkan syarat-syarat azan dan iqomah?
|
a.
Telah masuk waktu sholat
b.
Harus berbahasa arab
c.
Tidak bersahutan
d.
Muslim, laki-laki, baligh, aqil
e.
Tertib lafalnya
|
20
|
5.
|
Sebutkan sunah-sunah azan dan iqomah?
Min 3
|
1.
Muazin
suci dari hadas besar dan kecil
2.
Berdiri
menghadap kiblat
3.
Memasukkan
dua jari kedalam telinganya
4.
Mengerasakn
suaranya ketika azan.
|
20
|
Skor
|
100
|
a)
Pengolahan
skor:
Skor maksimum :
100 Skor
izin copas
BalasHapusSilahkan semoga bermanfaat 🙏🙏
Hapusizin copy ya Mbak? ...
BalasHapus