Rabu, 16 November 2016

Contoh RPP K13 MTs Fiqih Kelas VII - Azan dan Iqomah



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : MTs _______________
Mata Pelajaran          : Fiqih
Kelas / semester         : VII C / Gasal
Materi Pokok             : Azan dan Iqomah
Alokasi waktu            : 2 X 40 menit

A.    Kompetensi Inti (KI)
KI   1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4. Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara maniri dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.
B.     Kompetensi Dasar (KD)
1.4 Menghayati makna azan dan iqomah
2.4 Menghayati makna azan dan iqomah
3.5 Memahami ketentuan azan dan iqomah
4.2 Mempraktikkan azan dan iqomah
C.    Indikator
3.5.1 Siswa mampu menjelaskan pengertian Azan dan Iqomah
3.5.2 Siswa mampu menyebutkan keutamaan Azan dan Iqomah
3.5.3 Siswa mampu menyebutkan hukum Azan dan Iqomah
3.5.4 Siswa mampu mengidentifikasi syarat Azan dan Iqomah
3.5.5 Siswa mampu menyebutkan sunnah-sunnah Azan
4.2.1 Siswa mampu mempraktikkan azan dan iqomah
D.    Materi Pembelajaran
1.      Pengertian Azan dan Iqomah
Adzan secara bahasa adalah pengumuman atau pemberitahuan, sedangkan dalam istilah adzan adalah perkataan tertentu yang bergun memberitahukan masuknya waktu shalat yang fardhu. Sedangkan iqamah adalah pertanda shalat berjama’ah dimulai. Hukum adzan dan iqamat adalah sunnah.
2.      Lafal Azan dan Iqomah
3.      Keutamaan Azan dan Iqomah
4.      Hukum Azan dan Iqomah
Hukum adzan menurut jumhur ulama adalah sunnah muakkadah, yaitu bagi laki-laki yang dikerjakan di masjid untuk shalat wajib 5 waktu dan juga shalat Jumat. Sedangkan selain untuk shalat tersebut, tidak disunnahkan untuk mengumandangkan adzan, misalnya shalat Iedul Fithri, shalat Iedul Adha, shalat tarawih, shalat jenazah, shalat gerhana dan lainnya.
5.      Syarat Azan dan Iqomah
a.    Telah Masuk Waktu
b.    Harus Berbahasa Arab
c.    Tidak Bersahutan
d.   Muslim, Laki, Akil Baligh.
e.    Tertib Lafaznya
6.      Sunnah-sunnah Azan
f.     Hendaklah muadzin suci dan hadast besar dan kecil.
g.    Hendaklah ia berdiri menghadap kiblat.
h. Menghadapkan wajah dan lehernya ke sebelah kanan ketika  mengucapkan ‘Hayya ‘alas shalah’ dan ke sebelah kiri ketika  mengucapkan, ‘Hayya ‘alal falah’
i.   Memasukkan dua jari ke dalam telinganya, karena ada pernyataan Abu
j.   Mengeraskan suaranya ketika adzan, sebagaimana yang dijelaskan
E.     Metode Pembelajaran
1.    Ceramah
2.    Tanya Jawab
3.    Card Short
F.     Media, Alat/Bahan
1.    Spidol                          4. Gambar
2.    White Board
3.    Peta Konsep
G.    Sumber Belajar
1.    Buku Pedoman Guru Fiqih kelas VII Mts
2.    Buku Pegangan siswa Fiqih kelas VII Mts
H.    Langkah-langkah Pembelajaran
No
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
1.      Guru membuka pembelajaran dengan mengucap salam.
2.      Guru menanyakan kabar siswa.
3.      Guru memeriksa kehadiran, dan  tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
4.      Mengajukan pertannyaan secara komunikatif dengan materi sebelumnya dan mengaitkan materi yang akan dipelajari.
5.      Guru menjelaskan tujuan dan manfaat materi pembelajaran.
10 Menit
2.
Kegiatan Inti
a.      Mengamati
1)      Siswa mengamati gambar orang azan
2)      Siswa menyimak hasil pengamatan gambarnya
3)      Siswa menyimak penjelasan guru tentang azan dan iqomah
b.      Menanya
1)      Guru memotivasi siswa untuk mengajukan pertannyaan.
2)      Siswa bertanya mengenai penjelasan guru tentang azan dan iqomah
c.       Mengeksperimen/Mengexplorasi
1)      Siswa mencari informasi dari kartu yang didapat mengenai azan dan iqomah.
d.      Asosiasi
1)      Siswa merumuskan hasil dari kartu yang didapat dan penggaliannya berkaitan dengan adzan dan iqomah.
2)      Siswa mencocokkan materi yang diperoleh dari sumber lain.
e.       Komunikasi
1)      Masing-masing siswa menempelkan kartu yang di dapat di depan sesuai dengan kategori.
2)      Guru mengoreksi jawaban siswa yang ditempelkan.
55 Menit
3.
Penutup
1.    Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal yang diberikan.
2.    Guru memberi penguatan, sekaligus mengajak para siswa untuk menyimpulkan materi pembelajaran secara bersama-sama.
3.    Guru mengingatkan dan menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
4.    Guru menutup pelajaran dengan membaca salam dan membaca hamdalah.
15 Menit
I.       Penilaian
Bentuk penilaian Terlampir

 


Klaten, ........................................
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                            Guru PAI

________________                                                     ____________________
NIP.                                             



Lampiran Penilaian Pengetahuan
a.       Jenis/ teknik penilaian: Uji tulis
b.      Bentuk instrumen dan instrumen : Uraian:
No
Soal
Jawaban
Skor
1.
Jelaskan pengertian azan dan iqomah?
Azan adalah perkataan tertentu yang berguna memberitahukan masuknya waktu sholat yang fardhu.
Iqomah adalah pertanda sholat berjamaah dimulai.
20
2.
Apa hukun azan menurut jumhur ulama?
Sunnah muakkad, yaitu bagi laki-laki yang dikerjakan di masjid untuk sholat wajib lima waktu dan juga sholat jum’at.
20
3.
Sebutkan sholat yang tidak ada azan dan iqomahnya?
Sholat sunah, sholat jenazah, sholat dua hari raya, sholat istisqo’, dan lain-lain.
20
4.
Sebutkan syarat-syarat azan dan iqomah?
a.    Telah masuk waktu sholat
b.    Harus berbahasa arab
c.    Tidak bersahutan
d.   Muslim, laki-laki, baligh, aqil
e.    Tertib lafalnya
20
5.
Sebutkan sunah-sunah azan dan iqomah?
Min 3
1.      Muazin suci dari hadas besar dan kecil
2.      Berdiri menghadap kiblat
3.      Memasukkan dua jari kedalam telinganya
4.      Mengerasakn suaranya ketika azan.
20
Skor
100
a)      Pengolahan skor:
Skor maksimum                                  : 100 Skor

3 komentar:

PORTOFOLIO RANGKUMAN TUGAS PEMBATIK LEVEL 4 TAHUN 2023

Tidak terasa perjalanan yang luar biasa hingga sampai pada titik ini. Langkah demi langkah, menyelesaikan tugas demi tugas yang tentunya ber...