RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
MTs _________
Mata Pelajaran : Fiqih
Mata Pelajaran : Fiqih
Kelas / semester : VII
E
Materi Pokok : Sholat Lima Waktu
Alokasi waktu : 2 X
40 menit
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI1. Menghargai dan
menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli
(toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan
keberadaannya.
KI3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi,
seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI4. Mengolah, menalar
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di sekolah secara maniri dan mampu menggunakan metode
sesuai kaidah keilmuan
B.
Kompetensi Dasar
1.2 Menghayati ketentuan sholat lima waktu
2.2
Menghayati hikmah sholat lima waktu
3.3
Memahami waktu-waktu sholat lima waktu
4.3 Mempraktikkan sholat lima waktu
C.
Indikator
3.3.1 Siswa mampu menjelaskan pengertian sholat
3.3.2 Siswa mampu menunjukkan dalil perintah sholat lima waktu
3.3.3 Siswa mampu membedakan syarat sah sholat dan syarat wajib sholat
3.3.4 Siswa mampu menyebutkan sunah-sunah sholat
3.3.5 Siswa mampu mengidentifikasikan hal-hal yang membatalkan sholat
3.3.6 Siswa mampu menyebutkan rukun sholat
3.3.7 Siswa mampu menyebutkan ketentuan waktu sholat fardu
4.3.1 Siswa mampu mendemonstrasikan sholat lima waktu
D.
Materi Pembelajaran
1.
Pengertian
sholat lima
waktu
Shalat secara
bahasa berarti doa. Secara istilah
shalat adalah
ibadah yang terdiri dari perkataan dan
perbuatan tertentu, yang dimulai dengan takbir, dan
diakhiri dengan salam.
2.
Syarat Wajib dan syarat sah Sholat lima Waktu
Syarat-syarat sah sholat :
a.
Suci badan dari
hadats besar dan kecil.
b.
Suci badan, pakaian
dan tempat dari najis
c.
Menutup aurat
d.
Telah
masuk waktu shalat.
e.
Menghadap kiblat
3.
Rukun Sholat lima waktu
a. Niat
b. Berdiri, bagi yang
c. berkuasa:
d. Takbiratul ihram: membaca
"Allahu Akbar"
e. Membaca Surat
Fatihah
f. Ruku' dan
thuma'ninah
g. I'tidal dengan
thuma'ninah
h. Sujud dua kali
dengan thuma'ninah,
i. Duduk antara dua
sujud dengan thuma'ninah
j. Duduk untuk tasyahud
pertama
k. Membaca tasyahud
akhir
l. Membaca shalawat
atas Nabi
m. Mengucapkan salam
yang pertama
n. Tertib
4.
Hal-hal yang membatalkan sholat
E.
Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Small Group Discussion
F.
Media, Alat/Bahan
1. Spidol
2. White board
3. Gambar
G.
Sumber Belajar
1. Buku Pedoman Guru Fiqih kelas VII MTs
2. Buku Pegangan siswa Fiqih kelas VII Mts
H.
Langkah-langkah pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
1. Guru membuka pembelajaran dengan mengucap salam.
2. Guru menanyakan kabar siswa.
3. Guru memeriksa kehadiran, dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan
pembelajaran.
4. Mengajukan pertannyaan secara komunikatif dengan
materi sebelumnya dan mengaitkan materi yang akan dipelajari.
|
10 Menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a. Mengamati
1) Siswa mengamati gambar gerakan sholat
2) Siswa menyimak hasil pengamatan gambarnya
3) Siswa membaca dalil tentang perintah sholat
4) Siswa menyimak penjelasan guru tentang Sholat lima waktu.
b. Menanya
1) Guru memotivasi siswa untuk mengajukan pertannyaan.
2)
Siswa bertanya mengenai penjelasan guru tentang sholat lima waktu.
c. Mengeksperimen/Mengexplorasi
1) Siswa dibagi menjadi kelompok kecil untuk mendiskusikan
mengenai sholat lima waktu.
2) Masing-masing
kelompok mendiskusikan soal yang dibuat oleh guru.
d.
Asosiasi
1) Siswa melalui kelompoknya
merumuskan hasil diskusi dan penggaliannya berkaitan dengan sholat lima waktu.
2) Siswa membuat kesimpulan
berkaitan dengan sholat
e. Komunikasi
1)
Masing-masing
kelompok menyampaikan hasil diskusi di depan.
2)
Hasil diskusi di koreksi guru bersama dengan siswa.
3)
Salah satu siswa mewakili memperagakan tatacara sholat lima waktu.
|
55 Menit
|
3.
|
Penutup
1. Guru memberi penguatan, sekaligus mengajak para
siswa untuk merangkum dan menyimpulkan materi pembelajaran secara
bersama-sama.
2. Guru mengingatkan dan menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
3. Guru menutup pelajaran dengan membaca
salam dan membaca hamdalah.
|
15 Menit
|
I.
Penilaian
Bentuk
penilaian Terlampir
Klaten, .................................
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru PAI
____________ ________________
NIP. -
Lampiran
Penilaian
1.
Penilaian
Sikap
a.
Jenis/
teknik penilaian : Pengamatan
b.
Lembar
pengamatan sikap
No.
|
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai
|
KET
|
|||
Perhatian
|
Keaktifan
|
Tanggung jawab
|
Kedisiplinan
|
||||
1.
|
|||||||
Dst.
|
Skor maksimum : 16
Skor perolehan
peserta didik : SP
Nilai yang
diperoleh peserta didik : SP/16 X 4
c. Rentang Nilai
Nilai
|
Predikat
|
KET
|
3,50 <
Nilai ≤ 4,00
|
A
|
Sangat
baik
|
2,50 <
Nilai ≤ 3,50
|
B
|
Baik
|
1,51 <
Nilai ≤ 2,50
|
C
|
Cukup
|
1,00 <
Nilai ≤ 1,50
|
D
|
Kurang
|
2.
Penilaian
Pengetahuan
a.
Jenis/
teknik penilaian: Uji tulis
b.
Bentuk
instrumen dan instrumen
Skor
penilaian
a) Uraian:
No
|
Soal
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Apa pengertian solat lima waktu menurut istilah?
|
Ibadah yang terdiri dari perkataan dan perbuatan tertentu yang dimulai
dari takbiratul ihram dan diakhiri dengan salam.
|
20
|
2.
|
Sebutkan syarat wajib sholat?
|
d. Islam
e. Baligh
f. Berakal
g. Suci dari haid
dan nifas bagi perempuan
h. Telah sampai
dakwah kepadanya
i.
Terjaga, tidak sedang tiidur.
|
20
|
3.
|
Sebutkan lima hal yang dapat membatalkan sholat?
|
a.
Berbicara dengan sengaja
b.
Tertawa
c.
Berhadats besar maupun kecil
d.
Terbuka auratnya
e.
Bergerak 3x gerakan/lebih secara berturut-turut
|
20
|
4.
|
Sebutkan rukun-rukun sholat lima waktu?
|
a. Niat
b. Berdiri
c. Takbiratul ihram
d. Membaca surat
al-fatihah
e. Rukuk dan
tuma’ninah
f. I’tidal dengan
tuma’ninah
g. Sujud dua kali
dengan tuma’ninah
h. Duduk antara dua
sujud dengan tuma’ninah
i.
Duduk untuk tasyahud akhir
j.
Membaca tasyahud akhir di waktu duduk di rakaat yang terakhir
k. Membaca sholawat
atas nabi dibaca setelah selesai tasyahud akhir
l.
Mengucapkan salam
m. Tertib
|
20
|
5.
|
Kapan waktu sholat maghrib dimulai dan berakhir?
|
Waktunya dari mulai matahari terbenam,
sampai hilangnya syafaq yang merah (cahaya yang merah di kaki langit sebelah
barat)
|
20
|
Skor
|
100
|
Nilai : Jumlah skor yang diperoleh
sangat bermanfaat pak, rpp nya,
BalasHapusTerimakasih atas kunjungannya
HapusRpp nya sangat membantu pak, terima kasih banyak pak ,
BalasHapusMKASIH PAK SANGAT MEMBANTU SEKALI
BalasHapusyakusa abangda
BalasHapus