Jumat, 16 September 2016

Metode Pembinaan Karakter Siswa di Sekolah



Marzuki (2015:112-113) menjelakan tentang metode yang bisa diterapkan dalam rangka pembinaan karakter siswa di sekolah, yaitu:
1.      Metode langsung dan tidak langsung
Metode langsung berarti penyampaian pendidikan secara langsung dengan memberikan materi-materi akhlak dari sumbernya. Sedangkan metode tidak langsung, adalah penanaman karakter melalui kisah-kisah yang mengandung nilai-nilai karakter.
2.      Melalui mata pelajaran tersendiri dan terintegrasi ke dalam semua mata pelajaran
Melalui mata pelajaran tersendiri, seperti Pendidikan Agama dan PendidikanKewarganegaraan (Pkn). Terintegrasi ke dalam semua mata pelajaran artinya melalui semua mata pelajaran nilai-nilai karakter dapat diintegrasikan dalam materi ajar.
3.      Melaui kegiatan-kegiatan di luar mata pelajaran
Pembinaan karakter siswa melalui semua kegiatan di luar pembelajaran yaitu di dalam kegiatan ekstrakurikuler yang berbentuk pembiasaan nilai-nilai akhlak seperti melakui kegiatan IMTAQ, tadarus Al-Qur’an, dan pramuka.
4.      Melalui metode keteladanan (uswah hasanah)
Keteladanan diperankan oleh kepala sekolah, guru dan karyawan sekolah. Keteladanan di rumah diperankan oleh kedua orangtua siswa dan orang-orang disekitarnya yang usianya lebih tua. Sedangkan di masyarakat, keteladanan diperankan oleh para pemimpin masyarakat dari yang paling rendah hingga yang paling tinggi.
5.      Melalui nasihat-nasihat dan memberi perhatian
Para guru dan orangtua selalui memberikan nasihat dan perhatian pada anak mereka dalam rangka pembinaan karakter. Cara ini sangat membantu dalam memotivasi siswa untuk memiiki komitmen dengan nilai-nilai akhlak yang harus diterapkan.
6.      Metode reword dan punishment
Metode reword adalah pemberian hadiah supaya anak termotivasi berbuat baik, sedangkan metode punishment adalah pemberian sanksi sebagai efek jera bagi anak supaya tidak melanggar aturan yang berlaku. 
Metode-metode tersebut dapat diterapkan disekolah dalam pembianaan karakter peserta didik. Supaya memberikan hasil yang optimal dalam pembinaan karakter, memerlukan dukungan oleh pihak-pihak yang terkait.

Sumber: Marzuki. 2015. Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Amzah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PORTOFOLIO RANGKUMAN TUGAS PEMBATIK LEVEL 4 TAHUN 2023

Tidak terasa perjalanan yang luar biasa hingga sampai pada titik ini. Langkah demi langkah, menyelesaikan tugas demi tugas yang tentunya ber...