Kamis, 21 Juli 2016

Hakikat RPP



A.  Hakikat RPP
Rpp adalah singkatan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Dalam pedoman umum pembelajaran untuk penerapan kurikulum 2013 disebut bahwa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran RPP adalah pembelajaran yang dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus. RPP mencakup :
1.      Data sekolah, mata pelajaran, dan kelas/semester
2.      Materi pokok
3.      Alokasi waktu
4.      Tujuan pembelajaran, KD dan indicator pencapaian kompetensi
5.      Materi pembelajaran dan metode pembelajaran
6.      Media, alat dan sumber belajar
7.      Langkah-langkah kegiatan pembelajaran
8.      Penilaian
Semua guru di setiap sekolah harus menyusun RPP untuk mata pelajaran dimana guru tersebut mengajar. Pengembangan RPP dianjurkan untuk dikembangkan/disusun diawal semester atau awal tahun pelajaran. Hal ini ditujukan agar RPP telah tersedia terlebih dahulu dalam setiap awal pelaksanaan pembelajaran.
B.  Prinsip-prinsip Pengembangan RPP
Beberapa prinsip pentingn yang harus diperhatikan saat mengembangkan atau menyusun RPP adalah sebagai berrikut :
1.         
C.  Sistematika RPP
Format RPP Kurikulum 2013
Sekolah:
Mata Pelajaran:
Kelas/Semester:
Materi Pokok:
Alokasi Waktu:
A.    Kompetensi Inti
B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
1.      ____________ ( KD pada KI-1 )
Indikator :
2.      ____________ ( KD pada KI-2 )
Indikator :
3.      ____________ ( KD pada KI-3 )
Indikator :
4.      ____________ ( KD pada KI-4 )
Indikator :
C.     Materi Pembelajaran (rincian dari materi pokok)
D.    Metode Pembelajaran
E.     Media, Alat, dan Sumber Belajar
F.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendaahuluan
2.      Inti
a.       Mengamati
b.      Menanya
c.       Mengeksperimen/mengeksplorasi
d.      Mengasosiasi
e.       Mengkomunikasikan
3.      Penutup
G.    Penilaian
1.      Jenis/Teknik Penilaian
2.      Bentuk Instrumen dan Instrumen
3.      Pedemon Penskoran

D.  Langkah-langkah Pengembangan RPP
1.      Mengkaji silabus
Secara umum, untuk setiap materi pokok pada setiap silabus terdapat 4 KD sesuai dengan aspek KI, untuk  mencapai 4 KD tersebut, didalam silabus dirumuskan kegiatan peserta didik secara umum dalam pembelajaran berdasarkan standar proses. Kegiatan mengamati, menannya, mengumpulkan informasi, mengolah, dan mengkomunikasikan harus dirinci lebih lanjut di dalam RPP, dalam bentuk langkah-langkah yang dilakukan guru dalam pembelajaran, yang membuat peserta didik aktif belajar. Pengkajian silabus juga meliputi perumusan indicator KD dan penilaiannya.
2.      Mengidentifikasi Materi Pembelajaran
Mengidentifikasi materi pembelajaran yang menunjang pencapaian KD dengan mempertimbangkan potensi peserta didik, relevansi dengan karakteristik daerah, tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional, social, dan spiritual peserta didik,, struktur keilmuan, keluasan materi pembelajaran, relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan, dan alokasi waktu.
3.      Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran diranvang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi anatar peserta didik, peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya dalam rangka pencapaian KD. Pengalaman belajar yang dimaksud dapat terwujud melalui penggunaan pendekatan pembelajaran yang bervariasi dan berpusat pada peserta didik.
4.      Penjabaran Jenis Penilaian
Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil beajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan.
5.      Menentukan Alokasi Waktu
Penentuan alokasi waktu pada setiap KD didasarkan pada jumlah minggu efektif dan alokasi waktu mata pelajaran per minggu dengan mempertimbangkan jumlah KD, keluasan, kedalaman, tingkat kesulitan, dan tingkat kepentingan KD. Alokasi waktu yang dicantumkan dalam silabus merupakan perkiraan waktu setara untuk menguasai KD yang dibutuhkan oleh peserta didik yang beragam. Oleh karena itu alokassi tersebut dirinci dan disesuaikan lagi di RPP.
6.      Menentukan Sumber Belajar
Sumber belajar adalah rujukan, objek dan bahan yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran, yang berupa media cetak dan elektronik, narasumber, serta lingkungan fisik, alam, social dan budaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PORTOFOLIO RANGKUMAN TUGAS PEMBATIK LEVEL 4 TAHUN 2023

Tidak terasa perjalanan yang luar biasa hingga sampai pada titik ini. Langkah demi langkah, menyelesaikan tugas demi tugas yang tentunya ber...