RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : MA ...............
Mata Pelajaran : Qur'an Hadits
Materi Pokok :
Toleransi dan etika pergaulan
Kelas/Semester : XII / Genap
Alokasi Waktu :
1 x 45 menit
A.
Standar
Kompetensi
4. Memahami ayat Al-Qur’an dan al Hadis tentang toleransi dan etika
pergaulan
B.
Kompetensi Dasar
4.1.
Mengartikan QS.
Al-Kafirun: 1-6; QS. Yunus: 40-41; QS. Al-Kahfi: 29; QS. Al-Hujurat: 10-13 dan
Hadis tentang etika pergaulan
4.2.
Menjelaskan
kandungan QS. Al-Kafirun: 1-6; QS. Yunus: 40-41; QS. Al-Kahfi: 29; QS.
Al-Hujurat: 10-13 dan Hadis tentang etika pergaulan
4.3.
Menunjukkan
perilaku orang yang mengamalkan QS. Al-Kafirun: 1-6; QS. Yunus: 40-41; QS.
Al-Kahfi: 29; QS. Al-Hujurat: 10-13 dan Hadis tentang etika pergaulan
4.4.
Menerapkan
perilaku bertoleransi dan beretika dalam pergaulan seperti yang terkandung
dalam QS. Al-Kafirun: 1-6; QS. Yunus: 40-41; QS. Al-Kahfi: 29; QS. Al-Hujurat:
10-13 dan Hadis tentang etika pergaulan
C.
Indikator
4.1.1
Mengartikan QS.
Al-Kafirun: 1-6
4.2.1. Menjelaskan kandungan QS. Al-Kafirun: 1-6
4.3.1. Menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS. Al-Kafirun: 1-6
4.4.1. Menerapkan perilaku bertoleransi dan beretika dalam pergaulan
seperti yang terkandung dalam QS. Al-Kafirun: 1-6
D.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa
dapat mengartikan QS. Al-Kafirun: 1-6
2.
Siswa
dapat menjelaskan kandungan QS. Al-Kafirun: 1-6
3.
Siswa
dapat menunjukkan perilaku orang yang mengamalkan QS. Al-Kafirun: 1-6
4.
Siswa
dapat menerapkan perilaku bertoleransi dan beretika dalam pergaulan seperti
yang terkandung dalam QS. Al-Kafirun: 1-6
E.
Materi
Pembelajaran
1.
Surat
Al-Kafirun:1-6 dan artinya
2.
Kandungan Surah Al Kafiruun
3.
Perilaku yang mencerminkan kandungan ayat
surah al kafirun
4.
Contoh toleransi dalam kehidupan sekolah
5.
Dalam Kehidupan di Masyarakat
6.
Dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara
7.
Manfaat adanya toleransi dalam beragama
F.
Metode
Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Penugasan
4. Diskusi
G.
Media,
Alat/Bahan
1. LCD
2. Laptop
3. Power point
4. Spidol
5. White board
H.
Sumber
Belajar
1. Buku Paket kelas XII
2. Al-Qur’an dan terjemahannya
3. Buku-buku yang relevan dengan materi yang diajarkan
4. LKS Qur’an Hadis
I.
Langkah-langkah
pembelajaran
|
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
|
1.
|
Pendahuluan
1.
Guru menyapa
dan mengucap salam.
2.
Ketua
kelas memimpin doa bersama sebelum pelajaran dimulai.
3.
Guru
menanyakan kabar siswa.
4.
Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat
duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
5.
Memberikan
motivasi, menjelaskan tujuan dan manfaat materi pembelajaran.
|
5
menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
a. Ekplorasi
·
Siswa
mengamati gambar yang di tayangkan
·
Siswa
mendengarkan penjelasan materi tentang toleransi
dan etika pergaulan
·
Siswa
mencermati bentuk-bentuk toleransi dan etika pergaulan
·
Siswa
mengamati contoh toleransi dan etika pergaulan
b. Elaborasi
·
Siswa
mengajukan beberapa pertanyaan tentang toleransi dan
etika pergaulan
·
Siswa
membaca dan mencari informasi yang ada di LKS dan buku siswa.
·
Siswa
mendiskusikan materi yang telah diperoleh dengan teman sebangku
·
Siswa
mencocokkan materi yang diperoleh dari sumber lain.
·
Siswa
menyimpulkan contoh-contoh toleransi dan etika
pergaulan
·
Siswa
mencatat contoh toleransi dan etika pergaulan
·
Siswa
memaparkan temuan-temuan tentang toleransi dan
etika pergaulan
·
Siswa
menceritakan hasil dikusi di depan kelas.
c. Konfirmasi
·
Guru
memberikan respon positif terhadap hasil diskusi siswa
·
Guru
meluruskan tentang toleransi dan etika pergaulan
·
Guru menjawab pertanyaan
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
|
15
menit
|
|
3.
|
Penutup
1.
Guru
memberi penguatan, sekaligus mengajak para siswa untuk merangkum dan
menyimpulkan materi pembelajaran secara bersama-sama.
2.
Guru
memberikan tugas kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal latihan.
3.
Guru
mengingatkan dan menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
4.
Guru menutup pelajaran dengan membaca salam dan membaca
hamdalah.
|
10
menit
|
J.
Penilaian
1.
Penilaian
Sikap
a.
Jenis/
teknik penilaian : Pengamatan
b.
Bentuk
instrumen dan instrument
Lembar
pengamatan sikap
|
No.
|
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai
|
KET
|
|||
|
Perhatian
|
Keaktifan
|
Tanggung jawab
|
Kedisiplinan
|
||||
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor maksimum :
16
Skor perolehan peserta didik : SP
Nilai yang
diperoleh peserta didik :
X 4
Rentang nilai
|
Nilai
|
Predikat
|
Nilai Sikap
|
|
0,00 ˂
Nilai ≤ 1,00
|
D
|
Kurang
|
|
1,00 ˂
Nilai ≤ 1,33
|
D+
|
|
|
1,33 ˂
Nilai ≤ 1,66
|
C-
|
Cukup
|
|
1,66 ˂
Nilai ≤ 2,00
|
C
|
|
|
2,00 ˂
Nilai ≤ 2,33
|
C+
|
|
|
2,33 ˂
Nilai ≤ 2,66
|
B-
|
Baik
|
|
2,66 ˂
Nilai ≤ 3,00
|
B
|
|
|
3,00 ˂
Nilai ≤ 3,33
|
B+
|
|
|
3,33 ˂
Nilai ≤ 3,66
|
A-
|
Sangat
baik
|
|
3,66 ˂
Nilai ≤ 4,00
|
A
|
2.
Penilaian
Pengetahuan
a.
Jenis/
teknik penilaian: Uji tulis
b.
Bentuk
instrumen dan instrumen
Skor
penilaian
a) Pilihan ganda: jumlah jawaban benar x 1
(maksimal 10 x10 = 100)
b) Uraian:
|
No
|
Soal
|
Jawaban
|
Skor
|
|
1.
|
|
|
20
|
|
2.
|
|
|
20
|
|
3.
|
|
|
20
|
|
4.
|
|
|
20
|
|
5.
|
|
|
20
|
|
Skor
|
100
|
||
Nilai : 
3.
Penilaian
Keterampilan
a.
Jenis/
teknik penilaian: Uji unjuk kerja
b.
Bentuk
instrumen dan instrumen
|
No
|
Aspek yang
dinilai
|
Skor (10 – 100)
|
|
1.
|
Menulis QS. Al-Kafirun: 1-6
|
|
|
2.
|
Membaca QS. Al-Kafirun: 1-6
|
|
Surakarta, 27 Oktober 2014
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan
Agama Islam
....................... Fidia Astuti
Tidak ada komentar:
Posting Komentar