RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
MA ..................
Mata Pelajaran :
Fiqih
Kelas / semester : X/2
Materi Pokok : Sadaqoh dan
Hadiah
Alokasi waktu : 1 X
45 menit
A.
Kompetensi Inti (KI)
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya.
2. Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan pro- aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta
dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural
dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang
kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
1.3 Menghayati nilai-nilai
yang terkandung dalam ibadah wakaf, hibah,
sedekah dan hadiah
2.3 Membiasakan
sikap peduli sebagai implementasi
dari pemahaman tentang wakaf, hibah, sedekah,
dan hadiah
3.3 Memahami
ketentuan Islam tentang wakaf, hibah,
sedekah dan hadiah
4.3 Mempraktikkan cara pelaksanaan wakaf, hibah, sedekah, dan hadiah
C.
Indikator
1.3.1
Menghayati nilai-nilai yang
terkandung dalam sedekah dan hadiah
2.3.1
Membiasakan sikap peduli sebagai implementasi dari pemahaman
tentang sedekah, dan hadiah
3.3.1
Menjelaskan
ketentuan Islam tentang
sedekah dan hadiah
4.3.1
Mempraktikkan cara pelaksanaan sedekah, dan hadiah
D.
Tujuan Pembelajaran
1.
Siswa
dapat menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam sedekah dan hadiah
2.
Siswa
dapat membiasakan
sikap peduli sebagai implementasi
dari pemahaman tentang sedekah, dan
hadiah
3.
Siswa
dapat menjelaskan ketentuan Islam tentang sedekah
dan hadiah
4.
Siswa
dapat mempraktikkan cara pelaksanaan sedekah, dan hadiah
E.
Materi Pembelajaran
1.
Pengertian dan Dasar Hukum Shadaqah dan Hadiah
2.
Hukum Shadaqah dan Hadiah
3.
Rukun Shadaqah dan Hadiah
4.
Syarat-syarat Shadaqah dan Hadiah
5.
Perbedaan antara Shadaqah dan Hadiah
6.
Hikmah Shadaqah dan Hadiah
F.
Metode Pembelajaran
1. Ceramah
2. Tanya Jawab
3. Small Group Discussion
G.
Media, Alat/Bahan
1. LCD
2. Laptop
3. Power point
4. Spidol
5. White board
H.
Sumber Belajar
1. Buku Paket kelas X
2. Al-Qur’an dan terjemahannya
3. Buku-buku yang relevan dengan materi yang diajarkan
4. LKS Fiqih
I.
Langkah-langkah pembelajaran
|
No
|
Kegiatan
|
Waktu
|
|
1.
|
Pendahuluan
1. Menyapa dan mengucap salam.
2. Ketua kelas memimpin doa bersama sebelum pelajaran
dimulai.
3. Guru menanyakan kabar siswa.
4. Guru memeriksa kehadiran, kerapian
berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
5. Memberikan motivasi, menjelaskan tujuan dan manfaat
materi pembelajaran.
|
5 menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
a.
Mengamati
·
Siswa mengamati vidio
yang di tayangkan
·
Siswa mendengarkan
penjelasan materi tentang jual beli
·
Siswa mencermati
bentuk-bentuk jual
beli
·
Siswa mengamati
mengamati contoh jual beli
b.
Menanya
·
Siswa mengajukan
beberapa pertanyaan tentang jual beli
c.
Mengeksperimen/Mengexplorasi
·
Siswa membaca dan
mencari informasi yang ada di LKS dan buku siswa.
·
Siswa mencatat contoh
jual beli
d.
Asosiasi
·
Siswa mendiskusikan
materi yang telah diperoleh dengan teman sebangku.
·
Siswa mencocokkan
materi yang diperoleh dari sumber lain.
·
Siswa membuat peta
konsep tentang jual beli
·
Siswa menyimpulkan
contoh-contoh jual beli
e.
Komunikasi.
·
Siswa memaparkan
temuan-temuan tentang perilaku jual beli
·
Siswa menceritakan
hasil dikusi di depan kelas.
|
15 menit
|
|
3.
|
Penutup
1. Guru memberi penguatan, sekaligus mengajak para
siswa untuk merangkum dan menyimpulkan materi pembelajaran secara
bersama-sama.
2. Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengerjakan
soal-soal latihan.
3. Guru mengingatkan dan menyampaikan rencana
pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
4. Guru menutup pelajaran dengan membaca
salam dan membaca hamdalah.
|
10 menit
|
J.
Penilaian
1.
Penilaian
Sikap
a.
Jenis/
teknik penilaian : Pengamatan
b.
Lembar
pengamatan sikap
|
No.
|
Nama
|
Aspek yang dinilai
|
Nilai
|
KET
|
|||
|
Perhatian
|
Keaktifan
|
Tanggung jawab
|
Kedisiplinan
|
||||
|
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
Skor
maksimum :
16
Skor
perolehan peserta didik : SP
Nilai yang diperoleh peserta didik :
X 4
c.
Rentang
nilai
|
Nilai
|
Predikat
|
Nilai Sikap
|
|
0,00 ˂
Nilai ≤ 1,00
|
D
|
Kurang
|
|
1,00 ˂
Nilai ≤ 1,33
|
D+
|
|
|
1,33 ˂
Nilai ≤ 1,66
|
C-
|
Cukup
|
|
1,66 ˂
Nilai ≤ 2,00
|
C
|
|
|
2,00 ˂
Nilai ≤ 2,33
|
C+
|
|
|
2,33 ˂
Nilai ≤ 2,66
|
B-
|
Baik
|
|
2,66 ˂
Nilai ≤ 3,00
|
B
|
|
|
3,00 ˂
Nilai ≤ 3,33
|
B+
|
|
|
3,33 ˂
Nilai ≤ 3,66
|
A-
|
Sangat
baik
|
|
3,66 ˂
Nilai ≤ 4,00
|
A
|
2.
Penilaian
Pengetahuan
a.
Jenis/
teknik penilaian: Uji tulis
b.
Bentuk
instrumen dan instrumen
Skor
penilaian
a) Pilihan ganda: jumlah jawaban benar x 1
(maksimal 10 x1 = 10)
b) Uraian:
|
No
|
Soal
|
Jawaban
|
Skor
|
|
1.
|
Apa pengertian jual
beli
|
|
2
|
|
2.
|
Tuliskan Syarat dan Rukun Jual Beli
|
|
2
|
|
3.
|
Tuliskan Dasar hukum jual beli
bersumber
dari Al-Qur’an dan Hadis :
|
|
2
|
|
4.
|
Tuliskan contoh Jual
beli yang sah tapi terlarang
|
|
2
|
|
5.
|
Tuliskan contoh jual
beli terlarang dan tidak sah
|
|
2
|
|
Skor
|
10
|
||
Nilai :
x 4
c.
Rentang
nilai
|
Nilai
|
Predikat
|
Nilai Sikap
|
|
0,00 ˂
Nilai ≤ 1,00
|
D
|
Kurang
|
|
1,00 ˂
Nilai ≤ 1,33
|
D+
|
|
|
1,33 ˂
Nilai ≤ 1,66
|
C-
|
Cukup
|
|
1,66 ˂
Nilai ≤ 2,00
|
C
|
|
|
2,00 ˂
Nilai ≤ 2,33
|
C+
|
|
|
2,33 ˂
Nilai ≤ 2,66
|
B-
|
Baik
|
|
2,66 ˂
Nilai ≤ 3,00
|
B
|
|
|
3,00 ˂
Nilai ≤ 3,33
|
B+
|
|
|
3,33 ˂
Nilai ≤ 3,66
|
A-
|
Sangat
baik
|
|
3,66 ˂
Nilai ≤ 4,00
|
A
|
3.
Penilaian
Keterampilan
a.
Jenis/
teknik penilaian: Uji unjuk kerja
b.
Lembar
penilaian
|
No
|
Butir Soal
|
Indikator
|
Skor
|
|
1.
|
Menulis QS.
Al Baqarah : 275
|
Bentuk, keindahan dan kerapaian
|
4
|
|
2.
|
Membaca QS.
Al Baqarah : 275
|
Makhorijul huruf, dan tajwid
|
4
|
|
3.
|
Mengartikan QS.
Al Baqarah : 275
|
Jelas dan runtut
|
4
|
|
Total Skor
|
12
|
||
c.
Pedoman
penskoran
1)
Penskoran
Skor 4, jika semua indikator terpenuhi dan benar
Skor 3, jika semua indikator terpenuhi dan kurang benar
Skor 2, jika sebagian indikator terpenuhi dan kurang benar
Skor 1, jika sebagian indikator terpenuhi dan tidak benar
2)
Pengolahan
skor
Skor maksimum : 12
Skor perolehan peserta didik : SP
Nilai yang diperoleh peserta didik : SP/12 X 4
3)
Rentang
nilai
|
Nilai
|
Predikat
|
Nilai Sikap
|
|
0,00 ˂
Nilai ≤ 1,00
|
D
|
Kurang
|
|
1,00 ˂
Nilai ≤ 1,33
|
D+
|
|
|
1,33 ˂
Nilai ≤ 1,66
|
C-
|
Cukup
|
|
1,66 ˂
Nilai ≤ 2,00
|
C
|
|
|
2,00 ˂
Nilai ≤ 2,33
|
C+
|
|
|
2,33 ˂
Nilai ≤ 2,66
|
B-
|
Baik
|
|
2,66 ˂
Nilai ≤ 3,00
|
B
|
|
|
3,00 ˂
Nilai ≤ 3,33
|
B+
|
|
|
3,33 ˂
Nilai ≤ 3,66
|
A-
|
Sangat
baik
|
|
3,66 ˂
Nilai ≤ 4,00
|
A
|
Surakarta, 27 Oktober 2014
Mengetahui Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah Pendidikan Agama Islam
.......................
Fidia
Astuti
Tidak ada komentar:
Posting Komentar