Rabu, 25 Februari 2015

Contoh RPP K.13 MA Akhidak Akhlak - Akhlak Mahmudah (Husnudzan)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : MA ...................
Mata Pelajaran          : Akhidak Akhlak
Kelas / semester         :  X / 2
Materi Pokok             : Akhlak Mahmudah (Husnudzan)
Alokasi waktu            : 1 X 45 menit

A.    Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
2.      Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro- aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan   alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan    wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar
1.3  Menghayati perilaku husnuzzan, raja‘, dan tobat
2.3  Terbiasa berperilaku husnuzzan, raja‘,dan tobat
3.3  Memahami pengertian dan pentingnya memiliki akhlak husnuzzan, raja‘,dan tobat
4.3  Melafalkan doa-doa tobat dari Al-Qur’an dan hadis

C.    Indikator
1.3.1        Menghayati perilaku husnuzzan
2.3.1        Membiasakan berperilaku husnuzzan.
3.3.1        Menjelaskan pengertian dan pentingnya husnuzzan
3.3.2        Menjelaskan bentuk-bentuk husnuzzan
3.3.3        Megemukakan hikmah husnuzzan
4.3.1        Melakukan perilaku Husnuzan dalam kehidupan sehari-hari

D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat menghayati perilaku husnuzzan
2.      Siswa dapat membiasakan berperilaku husnuzzan
3.      Siswa dapat menjelaskan pengertian dan pentingnya husnuzzan
4.      Siswa dapat menjelaskan Bentuk-bentuk husnuzzan
5.      Siswa dapat mengemukakan hikmah husnuzzan
6.      Siswa dapat melakukan perilaku Husnuzan dalam kehidupan sehari-hari

E.     Materi Pembelajaran
1.      Pengertian husnuzzan
2.      Bentuk-Bentuk Husnudzan
3.      Hikmah dan Keuatamaan Husnudzan

F.     Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Tanya Jawab
3.      Penugasan
4.      Small Group Discussion

G.    Media, Alat/Bahan
1.      LCD
2.      Laptop
3.      Power point
4.      Spidol
5.      White board

H.    Sumber Belajar
1.      Buku Paket kelas X
2.      Al-Qur’an dan terjemahannya
3.      Buku-buku yang relevan dengan materi yang diajarkan
4.      LKS Akhidah Akhlak

I.       Langkah-langkah pembelajaran
No
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
1.      Menyapa dan mengucap salam.
2.      Ketua kelas memimpin doa bersama sebelum pelajaran dimulai.
3.      Guru menanyakan kabar siswa.
4.      Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
5.      Memberikan motivasi, menjelaskan tujuan dan manfaat materi pembelajaran.


5 menit
2.
Kegiatan Inti
a.    Mengamati
·         Siswa mengamati vidio yang di tayangkan
·         Siswa mendengarkan penjelasan materi tentang husnuzzan
·         Siswa mencermati bentuk-bentuk  husnuzzan
·         Siswa mengamati mengamati contoh perilaku husnuzzan
b.   Menanya
·      Siswa mengajukan beberapa pertanyaan tentang husnuzzan
c.    Mengeksperimen/Mengexplorasi
·      Siswa membaca dan mencari informasi yang ada di LKS dan buku siswa.
·      Siswa mencatat contoh perilaku yang husnuzzan
d.   Asosiasi
·         Siswa mendiskusikan materi yang telah diperoleh dengan teman sebangku.
·         Siswa mencocokkan materi yang diperoleh dari sumber lain.
·         Siswa membuat peta konsep tentang perilaku husnuzzan
·         Siswa menyimpulkan contoh-contoh perilaku husnuzzan
e.    Komunikasi.
·         Siswa memaparkan temuan-temuan tentang perilaku husnuzzan
·         Siswa menceritakan hasil dikusi di depan kelas.

15 menit
3.
Penutup
1.    Guru memberi penguatan, sekaligus mengajak para siswa untuk merangkum dan menyimpulkan materi pembelajaran secara bersama-sama.
2.    Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal latihan.
3.    Guru mengingatkan dan menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
4.    Guru menutup pelajaran dengan membaca salam dan membaca hamdalah.

10 menit

J.      Penilaian
1.      Penilaian Sikap
a.       Jenis/ teknik penilaian : Pengamatan
b.      Bentuk instrumen dan instrument
Lembar pengamatan sikap
No.
Nama
Aspek yang dinilai
Nilai
KET
Perhatian
Keaktifan
Tanggung jawab
Kedisiplinan
1.







2.







Dst.








Skor maksimum                                   : 16
Skor perolehan peserta didik               : SP
Nilai yang diperoleh peserta didik      :  X 4
Rentang nilai
Nilai
Predikat
Nilai Sikap
0,00 ˂ Nilai ≤ 1,00
D
Kurang
1,00 ˂ Nilai ≤ 1,33
D+
1,33 ˂ Nilai ≤ 1,66
C-
Cukup

1,66 ˂ Nilai ≤ 2,00
C
2,00 ˂ Nilai ≤ 2,33
C+
2,33 ˂ Nilai ≤ 2,66
B-
Baik

2,66 ˂ Nilai ≤ 3,00
B
3,00 ˂ Nilai ≤ 3,33
B+
3,33 ˂ Nilai ≤ 3,66
A-
Sangat baik

3,66 ˂ Nilai ≤ 4,00
A

2.      Penilaian Pengetahuan
a.       Jenis/ teknik penilaian: Uji tulis
b.      Bentuk instrumen dan instrumen
Skor penilaian
a) Pilihan ganda: jumlah jawaban benar x 1 (maksimal 10 x10 = 100)
b) Uraian:
No
Soal
Jawaban
Skor
1.
Apa pengertian husnuzzan?

Husnudzan berarti berbaik sangka atau kata lain tidak cepat-cepat berburuk sangka sebelum perkaranya menjadi jelas.
20
2.
Tuliskan bentuk-bentuk Husnudzan

a.       Husnudzan Kepada Allah Swt.
b.      Husnudzan Kepada Sesama
c.       Husnudzan Kepada Diri Sendiri
20
3.
Tuliskan hikmah husnuzzan (min.3)
a.       akan mendatangkan ketentraman lahir batin.
b.      memiliki jiwa yang takwa, sabar, tabah dan tawakkal
c.       akan senantiasa dicintai oleh sesama,
d.      akan menjauhkan seseorang dari perbuatan keluh kesah, iri, dengki, memfitnah, mengadu domba, dendam dan menggunjing
30
4.
Tuliskan sebuah dalil Husnudzan Kepada Allah Swt.
30
Skor
100
Nilai       :

3.      Penilaian Keterampilan
a.       Jenis/ teknik penilaian: Uji unjuk kerja
b.      Bentuk instrumen dan instrumen
No
Aspek yang dinilai
Skor (10 – 100)
1.
Menulis QS. Al-Hujurat : 12

2.
Membaca QS. Al-Hujurat : 12




Surakarta, 27 Oktober 2014
Mengetahui                                                     Guru Mata Pelajaran
Kepala Sekolah                       Pendidikan Agama Islam                                                                   


.......................                                                 Fidia Astuti

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PORTOFOLIO RANGKUMAN TUGAS PEMBATIK LEVEL 4 TAHUN 2023

Tidak terasa perjalanan yang luar biasa hingga sampai pada titik ini. Langkah demi langkah, menyelesaikan tugas demi tugas yang tentunya ber...