Selasa, 28 Oktober 2014

simulasi dan permainan dalam pembelajaran



Kompetensi     : Mahasiswa dapat menjelaskan simulasi dan permainan dalam pembelajaran.

Tujuan simulasi dan permainan dalam pembelajaran adalah melatih ketrampilan yang bersifat praktis bagi kehidupan sehari-hari, membantu mengembangkan sikap percaya diri dari peserta didik, melatih memecahkan masalah dengan memanfaatkan sumber-sumber yang dapat digunakan yntuk memecahan masalah, meningkatkan pemahaman tentang konsep dan prinsip yang dipelajari, dan meningkatkan keaktifan belajar.
Prinsip simulasi dan permainan dalam pembelajaran: dilakukan oleh kelompok pebelajar, semua peserta didik perlu dilibatkan sesuai peranannya, penentuan topik dibicarakan bersama antara peserta didik dengan pembelajar, petunjuk simulasi terlebih dahulu disiapkan secara terperinci, dalam simulasi hendaknya mencakup (aspek kognitif, afektif dan psikomotorik), simulasi untuk latihan ketrampilan agar dapat menghadapi kenyataan baik,simulasi perlu menggambarkan situasi yang lengkap,
Tahap simulasi dan permaian dalam pembelajaran: Orientasi à partisipasi dalam latihan à pelaksanaan simulasi à tanya jawab
Bentuk simulasi: Pre-Teaching, Sosiodrama, Psikodrama, Simulasi Game, Role Playing.
Kekurangan metode simulasi: terlalu mahal, dalam simulasi sering tidak diikutkan elemen-elemen penting, sering mendatangkan kritik dari orang tua.
Kelebihan metode simulasi: aktivitasnya menyenangkan peserta didik, eksperimen berlangsung tanpa memerlukan lingkungan yang sebenarnya, mengurangi hal-hal yang terlalu abstrak, melatih berfikir kritis, menimbulkan respon yang positif dari pebelajar .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PORTOFOLIO RANGKUMAN TUGAS PEMBATIK LEVEL 4 TAHUN 2023

Tidak terasa perjalanan yang luar biasa hingga sampai pada titik ini. Langkah demi langkah, menyelesaikan tugas demi tugas yang tentunya ber...