Kompetensi : Mahasiswa
mampu menganalisa sistem multimedia pembelajaran.
Proses belajar mengajar dapat berhasil dengan baik jika pebelajar
berinteraksi dengan semua alat inderanya, pebelajar diharapkan dapat menerima
dan menyerap dengan mudah dan baik pesan-pesan dalam materi yang disajikan.
Tahapan pengembangan multimedia pembelajaran: tahapan analisis à tahapan desain à
tahapan produksi à
tahaan implementasi.
Jenis-jenis dan sistem multimedia: multimedia kits, hypermedia,
media interaktif, virtual reality, dan expert system.
4 komponen multimedia: komputer, links, navigational tools, dan
cara untuk berbagi, memproses, dan mengkomunikasikan informasi dan ide pemakai.
Pentingnya multimedia karena merupakan pemicu pembaca memperoleh sesuatu yang
lebih dibandingkan topik yang dipelajari, dan sangat efektif dalam penyampaian
informasi.
Contoh masalah: dalam pembelajaran pembelajar menggunakan Power
Point untuk menunjang proses pendidikan, namun dalam pembuatan desain power
point tidak seimbang antara background dengan warna tulisan yang digunakan,
sehingga terdapat kerancauan dalam pengindraan dan penggunaan animasi yang
kurang tepat sehingga pebelajar tidak terfokus dengan apa yang disajikan
pembelajar namun lebih terfokus terhadap animasi yang disajikan.
Solusi: dalam pembuatan desain power point seharusnya disesuaikan
dengan kebutuhan sehingga terdapat kesesuaian antara background dengan tulisan
dan dalam pemakaian animasi. Sehingga pembelajar tidak hanya mementingkan diri
sendiri karena kesukaannya terhadap animasi atau warna font yang digunakan,
namun harus disesuaikan dengan kebutuhan dalam pembuatan power point.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar