Kompetensi : mahasiswa
dapat mengategorikan media pembelajaran
Media pembelajaran dapat dikategorisasikan mencakup:
a.
Media
tanpa proyeksi dua dimensi : Ciri-cirinya mempunyai panjang dan lebar.
Contohnya gambar, foto, papan tulis. Kelebihannya tersedia dengan mudah, tidak
mahal, tidak membutuhkan proyektor, mudah digunakan, dapat digunakan berbagai
usia, dan penyerdehanaan gagasan yang rumit. Kekurangannya dalam hal ketahanan,
penyimpanan dan penyajian.
b.
Media
tanpa proyeksi tiga dimensi : Misalnya balok, kubus, boneka dll. Kelebihannya memberikan pengalaman secara
langsung, penyajian secara konkrit dan dapat memperlihatkan struktur secara
jelas. Kelemahannya dalam membuat alat peraga membutuhkan biaya yang besar.
c.
Media
pembelajaran audio : Seperti program siaran radio pendidikan. Kelebihannya
tidak mahal, mampu mengatasi ruang dan waktu, mampu memusatkan perhatian
pebelajar pada penggunaan kata-kata, bunyi dan arti dari kata, merangsang dan
mudah diulang. Kelemahannya sifat komunikasinya hanya satu arah, pengembangan
program audio yang baik akan menyita banya waktu, kesulitan dalam penentuan
kecepatan, urutan yang kaku dan kesulitan dalam menempatkan segmen.
d.
Media
pembelajaran proyeksi : Menggunakan proyektor contohnya OHP, LCD proyektor.
Kelebihannya gambar yang diproyeksikan lebih jelas, tidak memerlukan
proyeksionis khusus, lebih sehat dibandingkan dengan papan tulis. Kelemahannya
harganya mahal, keterbatasan fasilitas, perlu tersedianya listrik, menyebabkan
pelajaran pasif dan menyusahkan dibawa kemana-mana.
e.
Media
pembelajaran audio visual : Misalnya siaran televisi pendidikan. Kelebihannya
dapat menggambarkan suatu proses secara tepat dan dapat disaksikan berulang-ulang.
Kelemahannya memerlukan biaya yang mahal.
f.
Media
pembelajaran multi audio visual aid : Program pendidikan yang ditayangkan
memanfaatkan tidak hanya satu media pembelajaran melainkan juga menggunakan
keterkaitan media pembelajaran satu dengan yang lain. Contoh : program
pembelajaran jenazah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar