Kompetensi : Mahasiswa dapat memahami pengertian manajemen, media
pembelajaran dan urgensinya.
1.
Filosofi
manajemen
Tinjauan filosofi melatarbelakangi/melandasi perkembangan
epistimologi keilmuan media pembelajaran. Dan sebagai suatu cara yang dilakukan
untuk memperbaiki kualitas yang berkenaan dengan tindakan terprogram,
terimplementasi, terawasi dan dinilai dalam pencapaian tujuan.
2.
Pengertian
Media pembelajaran adalah media yang digunakan sebagai perantara
untuk mendorong proses belajar dalam menerima pengetahuan untuk mencapai tujuan
yang optimal. Variabel merupakan apresiasi media pembelajaran dalam proses
belajar mengajar. Dan variabel apapun dapat menjadi media karena media sebagai
perantara yang mengantarkan informasi antara sumber dan penerima, seperti
televisi, film, foto, rekaman, audio, gambar yang diproyeksikan, bahan-bahan
cetakan dan sejenisnya adalah media komunikasi. Apabila media itu membawa
pesan-pesan atau informasi yang bertujuan intruksional atau mengandung
maksud-maksud pengajaran maka media itu disebut media pembelajaran.
3.
Urgensi
Media pembelajaran terjadi mozaik kedepannya dan akan terus
mengalami perkembangan. Media pembelajaran mempunyai nilai-nilai praktis
sehingga mempunyai peranan penting dalam pembelajaran.
Pembelajar
juga mempunyai alasan dalam menggunakan media karena belajar merupakan
perubahan perilaku dan merupakan proses komunikasi. Media sangat menguntungkan
pembelajar dan pebelajar, pebelajar akan mudah menerima dan mengakses pesan
yang disampaikan pembelajar melalui media yang digunakan, sehingga tujuan
pembelajaran akan tercapai sesuai dengan harapan. Sehingga lembaga pendidikan
di sekolah/madrasah memerlukan media pembelajaran untuk menunjang proses
pendidikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar