Kompetensi : Mahasiswa
dapat memilih dasar pertimbangan penggunaan media pembelajaran.
Adapun yang menjadi dasar pemanfaatan dan pemilihan media
pembelajaran antara lain sebagai berikut:
1.
Tujuan
belajar : Tujuan belajar yang diusahakan untuk dicapai meliputi tiga hal, yakni
mendapat ilmu pengetahuan, penanaman konsep dan ketrampilan, serta pembentukan
sikap. Dengan demikian pembelajar melakukan pemilihan media pembelajaran yang
sesuai dengan tujuan yang berkenaan dengan ranah kognitif, psikomotorik, dan
afektif.
2.
Karakteristik
pebelajar : Karakteristik pebelajar merupakan keseluruhan pola kelakuan dan
kemampuan yang ada pada pebelajar sebagai hasil dari pembawaan dan
pengalamannya sehingga menentukan pola aktivis dalam meraih cita-cita.
Karakteristik ini akan berbeda antara satu pebelajar dengan pebelajar yang lain
yang akan mempengaruhi gaya belajar dan media yang akan digunakan.
3.
Sifat
bahan ajar : Media pembelajaran ini yang merupakan pengantar pesan pembelajaran
untuk disajikan secara jelas dan mudah diterima oleh pebelajar.
4.
Jenis
media pembelajaran : Media dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu media jadi
(media yang sudah menjadi komiditi perdagangan) dan media pembelajaran
rancangan (media pembelajaran yang dirancang secara khusus untuk mencapai suatu
tujuan pembelajaran).
5.
Metode
pembelajaran : dinyatakan juga teknik, strategi, sistim dan cara yang dipilih
sesuai orientasi tertentu. Dalam PBM tidak hanya menggunakan satu metode
melainkan juga metode lainnya.
6.
Lingkungan
: pembelajar dituntut untuk mencipta suasana lingkungan yang menjadi kondisi
belajar.
7.
Ahli
: yakni ketrampilan, kecakapan, keahlian yang berkenaan dengan jenis media
pembelajaran itu sendiri. Sehingga pembelajar perlu memperhitungkan keahlian
dalam mengenal dan mengoprasikan jenis media pembelajaran yang hendak
dimanfaatkan dalam PBM.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar