Penilaian
keterampilan
a.
Jenis/teknik
penilaian : Unjuk kerja
b.
Bentuk
instrumen penilaian : Lembar unjuk kerja
c.
Instrumen
penilaian
Menyajikan dan menceritakan fenomena
Cari
dua fenomena kehidupan sebagai bukti kebenaran akidah Islam, perilaku orang
yang mengimaninya, dan paparkan secara sederhana alasanmu! Kemudian bacakan
hasilnya di depan kelas secara singkat dan jelas!
No
|
Fenomena
|
Perilaku Orang yang Mengimani
|
Alasan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
d.
Pedoman
penskoran
1)
penskoran
No
|
Nama
|
Aspek
yang dinilai
|
Jumlah
Skor
|
|||||
Isi
|
Tampilan
|
|||||||
|
|
1
|
2
|
3
|
1
|
2
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2)
Aspek
dan penskoran
Isi
1.
Ketepatan
bukti/fenomena
Skor 3, jika bukti/fenomena tepat
Skor 2, jika kurang bukti/fenomena tepat
Skor 1, jika tidak bukti/fenomena tepat
2.
Ketepatan
contoh perilaku orang yang mengimani sifat Allah
Skor 3, jika perilaku yang disajikan tepat
Skor 2, jika perilaku yang disajikan kurang tepat
Skor 1, jika perilaku yang disajikan tidak tepat
3.
Ketepatan
alasan/argumen yang disampaikan
Skor 3, jika alasan yang dikemukakan tepat
Skor 2, jika alasan yang dikemukakan kurang tepat
Skor 1, jika alasan yang dikemukakan tidak tepat
Tampilan
1.
Kepercayaan
diri
Skor 3, jika percaya diri ketika tampil bercerita
Skor 2, jika kurang percaya diri ketika tampil bercerita
Skor 1, jika tidak percaya diri ketika tampil bercerita
2.
Keruntutan
dalam menyampaikan
Skor 3, jika runtut dalam bercerita
Skor 2, jika kurang runtut dalam bercerita
Skor 1, jika tidak runtut dalam bercerita
3.
Kelancaran
dan kelugasan bahasa
Skor 3, jika mudah dipahami
Skor 2, jika kurang mudah dipahami
Skor 1, jika sulit dipahami
3)
Pengolahan
skor
Skor maksimum : 18
Skor perolehan peserta didik : SP
Nilai yang diperoleh peserta didik : SP/18 X 4
4)
Rentang
nilai sikap :
Nilai
|
Predikat
|
0,00
˂ Nilai ≤ 1,00
|
D
|
1,00 ˂ Nilai ≤ 1,33
|
D+
|
1,33
˂ Nilai ≤ 1,66
|
C-
|
1,66
˂ Nilai ≤ 2,00
|
C
|
2,00
˂ Nilai ≤ 2,33
|
C+
|
2,33 ˂ Nilai ≤ 2,66
|
B-
|
2,66
˂ Nilai ≤ 3,00
|
B
|
3,00
˂ Nilai ≤ 3,33
|
B+
|
3,33
˂ Nilai ≤ 3,66
|
A-
|
3,66
˂ Nilai ≤ 4,00
|
A
|
hokya
BalasHapus