Sabtu, 27 Februari 2016

Contoh RPP K13 MTs Fiqih Kelas VIII - Perbedaan dan persamaan sujud syukur dengan sujud tilawah



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       :
MTs ....................
Mata Pelajaran          :
Fiqih
Kelas / semester         :
VIII / Ganjil
Materi Pokok             :
Perbedaan dan persamaan sujud syukur dengan sujud tilawah dan Praktek sujud syukur dan sujud tilawah
Alokasi waktu            :
2 X 40 menit

A.    Kompetensi Inti (KI)
1.      Menghargai dan menghayati  ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menghargai dan menghayati  perilaku jujur, disiplin, tanggung  jawab, peduli (toleransi, gotong  royong), santun, percaya diri,  dalam berinteraksi secara efektif  dengan lingkungan sosial dan  alam dalam jangkauan pergaulan  dan keberadaannya
3.      Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual,  dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu  pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4.      Mengolah, menyaji dan menalar  dalam ranah konkret  (menggunakan, mengurai,  merangkai, memodifikasi, dan  membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,  menggambar, dan mengarang)  sesuai dengan yang dipelajari di  sekolah dan sumber lain yang  sama dalam sudut pandang/teori

B.     Kompetensi Dasar
1.1  Menghayati hikmah sujud tilawah
2.1  Membiasakan sujud tilawah dalam kehidupan sehari-hari
3.2  Memahami ketentuan sujud tilawah
4.1  Memperagakan tata cara sujud syukur
4.2  Memperagakan tata cara sujud tilawah

C.    Indikator
3.2.1 Menjelaskan perbedaan sujud syukur dan sujud tilawah
3.2.2 Menjelaskan persamaan sujud syukur dan sujud tilawah
4.1.1 Memperagakan tata cara sujud syukur
4.2.1 Memperagakan tata cara sujud tilawah

D.        Tujuan Pembelajaran
1.      Peserta didik mampu menjelaskan perbedaan sujud syukur dan sujud tilawah
2.      Peserta didik mampu menjelaskan persamaan sujud syukur dan sujud tilawah
3.      Peserta didik mampu memperagakan tata cara sujud syukur
4.      Peserta didik mampu memperagakan tata cara sujud tilawah

E.        Materi Pembelajaran
1.      Perbedaan sujud syukur dan sujud tilawah
2.      Persamaan sujud syukur dan sujud tilawah
3.      Praktik sujud syukur dan sujud tilawah

F.       Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Tanya Jawab
3.      Small Group Discussion

G.        Media, Alat/Bahan
1.      Kertas
2.      Model

H.        Sumber Belajar
1.      Al-Qur’an dan terjemahannya Mushaf Al-Azhar penulis hilal.
2.      Modul Fikih MGMP Kabupaten Sukoharjo, Penerbit Pustaka Furqan, Penulis Erwita dan Supomo.
3.      Fikih 2 KTSP, penerbit tiga serangkai, Tahun 2009, Penulis Ibrahim dan Darsono.

I.        Langkah-langkah pembelajaran
No
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan
1.      Guru menyapa dan mengucap salam.
2.      Guru menanyakan kabar siswa.
3.      Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian, posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
4.      Guru memberikan motivasi, menjelaskan tujuan dan manfaat materi pembelajaran.
5 Menit
2.
Kegiatan Inti
a.      Mengamati
1)      Siswa melalui kelompoknya mengamati materi mengenai perbedaan dan persamaan sujud syukur dan sujud tilawah
2)      Siswa menyimak hasil diskusi perbedaan dan persamaan sujud syukur dan sujud tilawah tiap kelompok
3)      Siswa mengamati teman (model) yang memperagakan gerakan sujud syukur dan sujud tilawah
4)      Siswa mengomentari peragaan gerakan sujud syukur dan sujud tilawah
5)      Siswa mengamati bacaan do’a sujud syukur dan sujud tilawah yang diperagakan
6)      Siswa menyimak penjelasan guru tentang peragaan sujud syukur dan sujud tilawah.
7)      Siswa dalam sekelompok memperagakan gerakan sujud syukur dan sujud tilawah
b.      Menanya
1)      Siswa bertanya mengenai peragaan gerakan dan bacaan sujud syukur dan sujud tilawah
2)      Siswa bertanya mengenai penjelasan guru tentang gerakan dan bacaan sujud syukur dan sujud tilawah
c.       Mengeksperimen/Mengexplorasi
1)      Siswa dibagi menjadi kelompok kecil untuk mendiskusikan mengenai perbedaan dan persamaan sujud syukur dan sujud tilawah
2)      Siswa dibagi menjadi kelompok kecil mempelajari peragaan sujud syukur dan sujud tilawah
d.      Asosiasi
1)      Siswa melalui kelompoknya merumuskan hasil diskusi dan penggaliannya berkaitan dengan sujud syukur dan sujud tilawah
2)      Siswa melalui kelompoknya memperagakan sujud syukur dan sujud tilawah di depan
e.       Komunikasi
1)      Masing-masing kelompok menyampaikan hasil diskusi berkaitan dengan sujud syukur dan sujud tilawah

60 Menit
3.
Penutup
1.    Guru memberi penguatan, sekaligus mengajak para siswa untuk merangkum dan menyimpulkan materi pembelajaran secara bersama-sama.
2.    Guru mengingatkan dan menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
3.    Guru memberikan remidian kepada siswa yang mendapat nilai di bawah KKM.
4.    Guru menutup pelajaran dengan membaca salam dan membaca hamdalah.
15 Menit

J.        Penilaian
Bentuk penilaian: penilaian ketrampilan
Terlampir


Sukoharjo, .................................
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                  Guru PAI


............................                                               ...............................


 
Lampiran Penilaian

Penilaian Keterampilan
No.
Nama
Aspek penilaian
Skor
Niat
Gerakan
Bacaan do’a
1.





2.





KET:
1)      Setiap aspek skor maksimal     : 4 Skor
2)      Penskoran Niat:
a.       Skor 4, jika siswa melafalkan niat dengan benar dan lancar
b.      Skor 3, Jika siswa melafalkan niat dengan benar namun kurang lancar
c.       Skor 2, Jika siswa melafalkan niat kurang benar dan kurang lancar
d.      Skor 1, Jika siswa tidak dapat melafalkan niat
Pensekoran Gerakan:
a.       Skor 4, jika siswa dapat melakukan gerakan dengan tepat dan runtut
b.      Skor 3, Jika siswa dapat melakukan gerakan dengan tepat namun kurang runtut
c.       Skor 2, Jika siswa dapat melakukan gerakan dengan kurang tepat
d.      Skor 1, Jika siswa tidak dapat melakukan gerakan dengan tepat
Pensekoran bacaan do’a:
a.       Skor 4, jika siswa melafalkan bacaan do’a dengan benar dan lancar
b.      Skor 3, Jika siswa melafalkan bacaan do’a dengan benar namun kurang lancar
c.       Skor 2, Jika siswa melafalkan bacaan do’a kurang benar dan kurang lancar
d.      Skor 1, Jika siswa tidak dapat melafalkan bacaan do’a
3)      Pengolahan skor:
Skor maksimum                                   : 12 Skor
Skor perolehan peserta didik               : SP
Nilai yang diperoleh peserta didik      : SP/12 X 4
4)      Rentang nilai
Nilai
Predikat
KET
3,50 < Nilai ≤ 4,00
A
Sangat baik
2,50 < Nilai ≤ 3,50
B
Baik
1,51 < Nilai ≤ 2,50
C
Cukup
1,00 < Nilai ≤ 1,50
D
Kurang



Lampiran Materi
1.      Persamaan dan perbedaan sujud syukur dan sujud tilawah
a.      Persamaan
1)      Bukti sikap tunduk dan setia kepada Allah
2)      Sujud dilakukan sekali
3)      Hukumnya sunah

b.      Perbedaan
1)      Sujud syukur dilakukan ketika mendapatkan kenikmatan atau terhindar dari bahaya
2)      Sujud tilawah dilakukan ketika mendengar atau membaca ayat-ayat sajdah
3)      Sujud syukur dilakukan diluar sholat secara spontan
4)      Sujud tilawah dilakukan didalam maupun diluar shalat

2.      Tata cara melaksanakan sujud syukur
a.       Niat
b.      Takbiratul ihram
c.       Sujud dan membaca do’a
رَبِّ أَوْزِعْنِى أَنْ أَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِى أَنْعَمْتَ عَلَىَّ وَعَلَى وَالِدَىَّ وَأَنْ أَعْمَلَ صَالِحًا تَرْضَاهُ وَأَصْلِحْ لِى فِى ذُرِّيَتِ اِنِّى تُبْتُ اِلَيْكَ وَاِنِّى مِنَ المُسلِمِيْنَ.
d.      Salam

3.      Tata cara melaksanakan sujud tilawah
a.       Didalam sholat
Ketika sholat bila mendengar atau membaca ayat sajadah langsung sujud, kemudian melanjutkan sholatnya lagi.
b.      Diluar shalat
1)      Niat
2)      Takbiratul ihram
3)      Sujud membaca doa,
Bacaan sujud tilawah:
سَجَدَ وَجْهِيَ لِلَّذِي خَلَقَهُ وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِهِ.
4)      Duduk
5)      Salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PORTOFOLIO RANGKUMAN TUGAS PEMBATIK LEVEL 4 TAHUN 2023

Tidak terasa perjalanan yang luar biasa hingga sampai pada titik ini. Langkah demi langkah, menyelesaikan tugas demi tugas yang tentunya ber...