Kamis, 15 Januari 2015

KUMPULAN MODEL /STRATEGI PAIKEM (ACTIVE LEARNING)



EVERYONE IS A TEACHER HERE (Setiap murid sebagai guru)

  1.   Bagikan kertas (card) kepada setiap peserta dan mintalah mereka untuk menuliskan sebuah pertanyaan tentang materi yang telah atau sedang dipelajari, atau topik khusus yang ingin mereka diskusikan dalam kelas.
  2.   Kumpulkan kertas-kertas tersebut, dikocok dan dibagikan kembali secara acak kepada masing-masing peserta dan diusahakan pertanyaan tidak kembali kepada yang bersangkutan. Mintalah mereka membaca pertanyaan di kertas masing-masing, sambil memikirkan jawabannya.
  3.   Undang sukarelawan (volunter) untuk membacakan pertanyaan yang ada di tangannya serta memberikan respons (jawaban/penjelasan) atas pertanyaan atau permasalahan tersebut.
  4.   Kembangkan diskusi secara lebih lanjut.
  5.   Guru melakukan kesimpulan, klarifikasi, dan tindak lanjut.


THE POWER OF TWO (Menggabung 2 Kekuatan)

  1.   Tetapkan satu masalah
  2.   Beri kesempatan pada peserta untuk berpikir sejenak tentang masalah tersebut
  3.   Bagikan kertas pada tiap peserta untuk menuliskan akar permasalahan di atas
  4.   Beserta berpasangan antara 2 orang dan berdiskusi tentang jawaban masalah tersebut
  5.   Peserta membuat jawaban baru atas masalah yang disepakati berdua
  6.   Jawaban bisa ditulis dalam kertas plano atau white board dan lalu didiskusikan bersama seluruh peserta lain
  7.   Guru mengemukakan teori dan solusi atas permasalahan yang didiskusikan tadi.
  8.   Guru melakukan kesimpulan, klarifikasi, dan tindak lanjut.


INFORMATION SEARCH (Mencari Informasi)

  1.   Sediakan referensi terkait topik pembelajaran tertentu (misalnya: hakikat manusia dalam Islam)
  2.   Guru menyusun kompetensi dari topik tersebut
  3.   Mampu mengidentifikasi karakter manusia Muslim kaffah
  4.   Guru membuat pertanyaan untuk memperoleh kompetensi tersebut
  5.   Carilah ayat dan Hadis terkait
  6.   Bagi kelas dalam kelompok kecil (maksimal 3 orang)
  7.   Peserta ditugasi mencari bahan di perpustakaan/warnet yang sudah diketahui oleh guru bahwa bahan tersebut benar-benar ada
  8.   Setelah peserta mencari dan kembali ke kelas, guru membantu dengan cara membagi referensi kepada mereka
  9.   Peserta diminta mencari jawaban dalam referensi tersebut yang dibatasi oleh waktu (mis. 10 menit) oleh guru
  10.   Hasilnya didiskusikan bersama seluruh kelas
  11.   Guru menjelaskan materi pelajaran terkait dengan topik tersebut
  12.   Guru melakukan kesimpulan, klarifikasi, dan tindak lanjut.


INDEX CARD MATCH (Mencari jodoh kartu Tanya jawab)
  1.   Buatlah potongan-potongan kertas sejumlah peserta dalam kelas dan kertas tersebut dibagi menjadi dua kelompok
  2.   Tulis pertanyaan tentang materi yang telah diberikan sebelumnya pada potongan kertas yang telah dipersiapkan. Setiap kertas satu pertanyaan.
  3.   Pada potongan kertas yang lain, tulislah jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang telah dibuat.
  4.   Kocoklah semua kertas tersebut sehingga akan tercampur antara soal dan jawaban.
  5.   Bagikan setiap peserta satu kertas. Jelaskan bahwa ini aktivitas yang dilakukan berpasangan. Sebagian peserta akan mendapatkan soal dan sebagian yang lain akan mendapatkan jawaban.
  6.   Mintalah peserta untuk mencari pasangannya. Jika sudah ada yang menemukan pasangannya, mintalah mereka untuk duduk berdekatan. Jelaskan juga agar mereka tidak memberikan materi yang mereka dapatkan kepada teman yang lain.
  7.   Setelah semua peserta menemukan pasangan dan duduk berdekatan, mintalah setiap pasangan secara bergantian membacakan soal yang diperoleh dengan suara keras kepada teman-teman lainnya. Selanjutnya soal tersebut dijawab oleh pasangannya. Demikian seterusnya.
  8.   Akhiri proses ini dengan klarifikasi dan kesimpulan serta tindak lanjut.

JIGSAW LEARNING
  1.   Pilih materi pembelajaran yang dapat dibagi menjadi beberapa segmen (bagian).
  2.   Bagilah peserta menjadi beberapa kelompok sesuai dengan jumlah segmen yang ada. Jika jumlah peserta 25 sedang jumlah segmen yang ada ada 5 maka masing-masing kelompok terdiri dari 5 orang.
  3.   Setiap kelompok mendapat tugas membaca, memahami dan mendiskusikan serta membuat ringkasan materi pembelajaran yang berbeda.
  4.   Setiap kelompok mengirimkan anggotanya ke kelompok lain untuk menyampaikan apa yang telah mereka pelajari di kelompoknya.
  5.   Kembalikan suasana kelas seperti semula kemudian tanyakan seandainya ada persoalan-persoalan yang tidak terpecahkan dalam kelompok.
  6.   Berilah peserta didik pertanyaan untuk mengecek pemahaman mereka terhadap materi yang dipelajari.
  7.   Guru melakukan kesimpulan, klarifikasi, dan tindak lanjut.

CARD SORT
Langkah-langkah Penerapan:
  Guru menyiapkan kartu berisi tentang materi pokok sesuai SK/KD mapel (CatataN: @perkirakan jumlah kartu sama dengan jumlah murid di kelas. @Isi kartu terdiri dari kartu induk/topik utama dan kartu rincian).
  Seluruh kartu diacak/dikocok agar campur
  Bagikan kartu kepada murid dan pastikan masing memperoleh satu (boleh dua)
  Perintahkan setiap murid bergerak mencari kartu induknya dengan mencocokkan kepada kawan sekelasnya.
  Setelah kartu induk beserta seluruh kartu rinciannya ketemu, perintahkan masing-masing membentuk kelompok dan menempelkan hasilnya di papan secara urut.
  Lakukan koreksi bersama setelah semua kelompok menempelkan hasilnya.
  Mintalah salah satu penanggungjawab kelompok untuk menjelaskan hasil sortir kartunya, kemudian mintalah komentar dari kelompok lainnya.
  Berikan apresiasi setiap hasil kerja murid.
  Lakukan klarifikasi, penyimpulan dan tindak lanjut.

ROLE PLAY
  • Guru menyusun/menyiapkan skenario yang akan ditampilkan
  • Menunjuk beberapa siswa untuk mempelajari skenario dalam waktu beberapa hari sebelum KBM
  • Guru membentuk kelompok siswa yang anggotanya 5 orang
  • Memberikan penjelasan tentang kompetensi yang ingin dicapai
  • Memanggil para siswa yang sudah ditunjuk untuk melakonkan skenario yang sudah dipersiapkan
  • Masing-masing siswa berada di kelompoknya sambil mengamati skenario yang sedang diperagakan
  • Setelah selesai ditampilkan, masing-masing siswa diberikan lembar kerja untuk membahas penampilan masing-masing kelompok.
  • Masing-masing kelompok menyampaikan hasil kesimpulannya
  • Guru memberikan kesimpulan secara umum
  • Evaluasi
  • Penutup

EXAMPLES NON EXAMPLES
Langkah-langkah :
  • Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran
  • Guru menempelkan gambar di papan atau ditayangkan melalui OHP
  • Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada peserta didik untuk memperhatikan/menganalisis gambar
  • Melalui diskusi kelompok 2-3 orang peserta didik, hasil diskusi dari analisis gambar tersebut dicatat pada kertas
  • Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya
  • Mulai dari komentar/hasil diskusi peserta didik, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan yang ingin dicapai
  • Kesimpulan

PICTURE AND PICTURE
Langkah-langkah :
Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
·           Menyajikan materi sebagai pengantar
·           Guru menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi
·           Guru menunjuk/memanggil peserta didik secara bergantian untuk memasang/mengurutkan gambar-gambar menjadi urutan yang logis
·           Guru menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut
·           Dari alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menanamkan konsep/materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
·           Kesimpulan/rangkuman

NUMBERED HEADS TOGETHER
Langkah-langkah :
  • Peserta didik dibagi dalam kelompok, setiap peserta didik dalam setiap kelompok mendapat nomor
  • Guru memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya
  • Kelompok mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat mengerjakannya/ mengetahui jawabannya
  • Guru memanggil salah satu nomor peserta didik dan peserta didik yang nomornya dipanggil melaporkan hasil kerjasama diskusi kelompoknya.
  • Tanggapan dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain, dst
  • Kesimpulan

COOPERATIVE SCRIPT
Langkah-langkah :
·         Guru membagi peserta didik untuk berpasangan
·         Guru membagikan wacana/materi untuk dibaca dan dibuat ringkasannya
·         Guru dan peserta didik menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa yang berperan sebagai pendengar
·         Pembicara membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok dalam ringkasannya. Peserta didik yang lain:
ü  Menyimak/menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap
ü  Membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya
·         Bertukar peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta lakukan seperti diatas.
·         Kesimpulan peserta didik  bersama-sama dengan Guru
·         Penutup

KEPALA BERNOMOR STRUKTUR
Langkah-langkah :
  • Peserta didik dibagi dalam kelompok. Setiap peserta didik dalam setiap kelompok mendapat nomor
  • Penugasan diberikan kepada setiap peserta didik berdasarkan nomor terhadap tugas yang berangkai
          Misalnya : peserta didik nomor satu bertugas mencatat soal. Peserta didik  nomor dua mengerjakan soal dan peserta didik nomor tiga melaporkan hasil pekerjaan dan seterusnya.
  • Jika perlu, guru bisa menyuruh kerja sama antar kelompok. Peserta didik  disuruh keluar dari kelompoknya dan bergabung bersama beberapa peserta didik bernomor sama dari kelompok lain. Dalam kesempatan ini peserta didik dengan tugas yang sama bisa saling membantu atau mencocokkan hasil kerja sama mereka
  • Laporkan hasil dan tanggapan dari kelompok yang lain
  • Kesimpulan

STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS
Tim Siswa Kelompok Prestasi  (Slavin, 1995)
Langkah-langkah :
  • Membentuk kelompok yang anggotanya + 4 orang secara  heterogen (prestasi, jenis kelamin, suku, dll)
  • Guru menyajikan pelajaran
  • Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok
  • Guru memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh peserta didik. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu
  • Memberi evaluasi
  • Kesimpulan

PROBLEM BASED INSTRUCTION
Langkah-langkah :
·         Guru menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dan menyebutkan sarana atau alat pendukung yang dibutuhkan. Memotivasi peserta didik untuk terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih.
·         Guru membantu peserta didik mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang berhubungan dengan masalah tersebut (menetapkan topik, tugas, jadwal, dll.)
·         Guru mendorong peserta didik untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, eksperimen untuk mendapatkan penjelasan, pengumpulan data, hipotesis, dan pemecahan masalah.
·         Guru membantu peserta didik dalam merencanakan/menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan dan membantu mereka berbagi tugas dengan temannya
·         Guru membantu peserta didik untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap eksperimen mereka dan proses-proses yang mereka gunakan



ARTIKULASI
Langkah-langkah :
  • Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
  • Guru menyajikan materi sebagaimana biasa
  • Untuk mengetahui daya serap peserta didik, dibentuklah kelompok berpasangan dua orang
  • Menugaskan salah satu peserta didik dari pasangan itu menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan pasangannya mendengar sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian berganti peran. Begitu juga kelompok lainnya
  • Menugaskan peserta didik secara bergiliran/diacak menyampaikan penjelasan  teman pasangannya. Sampai sebagian peserta didik sudah menyampaikan penjelasannya
  • Guru mengulangi/menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami  peserta didik
  • Kesimpulan/penutup

MIND MAPPING
Langkah-langkah :
  • Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
  • Guru mengemukakan konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh peserta didik dan sebaiknya permasalahan yang mempunyai alternatif jawaban
  • Membentuk kelompok yang anggotanya 2-3 orang
  • Tiap kelompok menginventarisasi/mencatat alternatif jawaban hasil diskusi
  • Tiap kelompok (atau diacak kelompok tertentu) membaca hasil diskusinya dan guru mencatat di papan dan mengelompokkan sesuai kebutuhan guru
  • Dari data-data di papan peserta didik diminta membuat kesimpulan atau guru memberi perbandingan sesuai konsep yang disediakan guru
         
MAKE - A MATCH
Langkah-langkah :
  • Guru menyiapkan beberapa kartu yang berisi beberapa konsep atau topik yang cocok untuk sesi review, satu bagian kartu soal dan bagian lainnya kartu jawaban
  • Setiap peserta didik mendapat satu kartu
  • Tiap peserta didik memikirkan jawaban/soal dari kartu yang dipegang
  • Setiap peserta didik mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya (soal jawaban)
  • Setiap peserta didik yang dapat mencocokkan kartunya sebelum batas waktu diberi poin
  • Setelah satu babak kartu dikocok lagi agar tiap peserta didik mendapat kartu yang berbeda dari sebelumnya
  • Demikian seterusnya
  • Kesimpulan/penutup

THINK PAIR AND SHARE
Langkah-langkah :
  • Guru menyampaikan inti materi dan kompetensi yang ingin dicapai
  • Peserta didik diminta untuk berfikir tentang materi/ permasalahan yang disampaikan guru
  • Peserta didik diminta berpasangan dengan teman sebelahnya (kelompok 2 orang) dan mengutarakan hasil pemikiran masing-masing
  • Guru memimpin pleno kecil diskusi, tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya
  • Berawal dari kegiatan tersebut, Guru mengarahkan pembicaraan pada pokok permasalahan dan menambah materi yang belum diungkapkan para peserta didik
  • Guru memberi kesimpulan
  • Penutup

DEBATE
         Langkah-langkah :
·         Guru membagi 2 kelompok peserta debat yang satu pro dan yang lainnya kontra
·         Guru memberikan tugas untuk membaca materi yang akan didebatkan oleh    kedua kelompok di atas
·         Setelah selesai membaca materi, Guru menunjuk salah satu anggota kelompok  pro untuk berbicara saat itu, kemudian ditanggapi oleh kelompok kontra.    Demikian seterusnya sampai sebagian besar peserta didik bisa mengemukakan pendapatnya.
·         Sementara peserta didik menyampaikan gagasannya, guru menulis inti/ide-ide   dari setiap pembicaraan sampai mendapatkan sejumlah ide yang diharapkan.
·         Guru menambahkan konsep/ide yang belum terungkap
·         Dari data-data yang diungkapkan tersebut, guru mengajak peserta didik membuat kesimpulan/rangkuman yang mengacu pada topik yang ingin dicapai.

GROUP INVESTIGATION
Langkah-langkah :
  • Guru membagi kelas dalam beberapa kelompok heterogen
  • Guru menjelaskan maksud pembelajaran dan tugas kelompok
  • Guru memanggil ketua kelompok dan setiap kelompok mendapat tugas satu materi/tugas yang berbeda dari kelompok lain
  • Masing-masing kelompok membahas materi yang sudah ada secara kooperatif  yang bersifat penemuan
  • Setelah selesai diskusi, juru bicara kelompok menyampaikan hasil pembahasan kelompok
  • Guru memberikan penjelasan singkat sekaligus memberi kesimpulan
  • Evaluasi
  • Penutup

TALKING STICK
Langkah-langkah :
  • Guru menyiapkan sebuah tongkat
  • Guru menyampaikan materi pokok yang akan dipelajari, kemudian memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk membaca dan mempelajari materi.
  • Setelah selesai membaca materi/buku pelajaran dan mempelajarinya, peserta didik menutup bukunya.
  • Guru mengambil tongkat dan memberikan kepada peserta didik, setelah itu guru memberikan pertanyaan dan peserta didik yang memegang tongkat tersebut harus menjawabnya, demikian seterusnya sampai sebagian besar peserta didik mendapat bagian untuk menjawab setiap pertanyaan dari guru
  • Guru memberikan kesimpulan
  • Evaluasi
  • Penutup

BERTUKAR PASANGAN
Langkah-langkah :
  • Setiap peserta didik mendapat satu pasangan (guru bisa menunjuk pasangannya atau peserta didik memilih sendiri pasangannya).
  • Guru memberikan tugas dan peserta didik mengerjakan tugas dengan pasangannya.
  • Setelah selesai setiap pasangan bergabung dengan satu pasangan yang lain.
  • Kedua pasangan tersebut bertukar pasangan, kemudian pasangan yang baru ini saling menanyakan dan mencari kepastian jawaban mereka.
  • Temuan baru yang didapat dari pertukaran pasangan kemudian dibagikan kepada pasangan semula.
  • Penutup

SNOWBALL THROWING
Langkah-langkah :
  • Guru menyampaikan materi yang akan disajikan
  • Guru membentuk kelompok-kelompok dan memanggil masing-masing ketua kelompok untuk memberikan penjelasan tentang materi
  • Masing-masing ketua kelompok kembali ke kelompoknya masing-masing, kemudian menjelaskan materi yang disampaikan oleh guru kepada temannya
  • Masing-masing peserta didik diberi satu lembar kertas, untuk menuliskan satu pertanyaan apa saja yang menyangkut materi yang sudah dijelaskan oleh ketua kelompok
  • Kemudian kertas yang berisi pertanyaan tersebut dibuat seperti bola dan dilempar dari satu peserta didik ke peserta didik yang lain selama ± 15 menit
  • Setelah peserta didik dapat satu bola/satu pertanyaan diberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menjawab pertanyaan yang tertulis dalam kertas berbentuk bola tersebut secara bergantian
  • Penutup

STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING
Langkah-langkah :
  • Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
  • Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
  • Memberikan kesempatan peserta didik untuk menjelaskan kepada peserta didik lainnya misalnya melalui bagan/peta konsep.
  • Guru menyimpulkan ide/pendapat dari peserta didik.
  • Guru menerangkan semua materi yang disajikan saat itu.
  • Penutup

COURSE REVIEW HORAY
Langkah-langkah :
  • Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
  • Guru mendemonstrasikan/menyajikan materi
  • Memberikan kesempatan peserta didik tanya jawab
  • Untuk menguji pemahaman, peserta didik disuruh membuat kotak 9/16/25 sesuai dengan kebutuhan dan tiap kotak diisi angka sesuai dengan selera masing-masing peserta didik
  • Guru membaca soal secara acak dan peserta didik menulis jawaban di dalam kotak yang nomornya disebutkan guru dan langsung didiskusikan, kalau benar diisi tanda benar (Ö) dan salah diisi tanda silang (x)
  • Peserta didik yang sudah mendapat tanda (Ö) vertikal atau horisontal, atau diagonal harus berteriak horay … atau yel-yel lainnya
  • Nilai peserta didik dihitung dari jawaban benar jumlah horay yang diperoleh
  • Penutup

DEMONSTRATION
Langkah-langkah :
  • Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
  • Guru menyajikan gambaran sekilas materi yang akan disampaikan
  • Menyiapkan bahan atau alat yang diperlukan
  • Menunjuk salah seorang peserta didik untuk mendemontrasikan sesuai skenario yang telah disiapkan.
  • Seluruh peserta didik memperhatikan demontrasi dan menganalisisnya.
  • Tiap peserta didik mengemukakan hasil analisisnya dan juga pengalaman peserta didik didemontrasikan.
  • Guru membuat kesimpulan.

CONCEPT SENTENCE
            Langkah-langkah :
·         Guru menyampaikan kompentensi yang ingin dicapai.
·         Guru menyajikan materi secukupnya.
·         Guru membentuk kelompok yang anggotanya ± 4 orang secara heterogen.
·         Guru menyajikan beberapa kata kunci sesuai materi yang disajikan.
·         Tiap kelompok disuruh membuat beberapa kalimat dengan menggunakan minimal 4 kata kunci setiap kalimat.
·         Hasil diskusi kelompok didiskusikan kembali secara pleno yang dipandu oleh Guru.
·         Kesimpulan.

TIME TOKEN
Struktur yang dapat digunakan untuk mengajarkan keterampilan sosial, untuk menghindari peserta didik mendominasi pembicaraan atau peserta didik diam sama sekali.
Langkah-langkah :
  • Kondisikan kelas untuk melaksanakan diskusi (cooperative learning / CL)
  • Tiap peserta didik diberi kupon berbicara dengan waktu ± 30 detik. Tiap  peserta didik diberi sejumlah nilai sesuai waktu yang digunakan.
  • Bila telah selesai bicara kupon yang dipegang peserta didik diserahkan. Setiap bebicara satu kupon.
  • Peserta didik yang telah habis kuponnya tak boleh bicara lagi. Yang masih pegang kupon harus bicara sampai kuponnya habis.
  • Dan seterusnya

DUA TINGGAL DUA TAMU
(TWO STAY TWO STRAY)
Caranya :
  • Peserta didik bekerja sama dalam kelompok yang berjumlah 4 (empat) orang
  • Setelah selesai, dua orang dari masing-masing menjadi tamu kedua kelompok yang lain
  • Dua orang yang tinggal dalam kelompok bertugas membagikan hasil kerja dan informasi ke tamu mereka
  • Tamu mohon diri dan kembali ke kelompok mereka sendiri dan melaporkan temuan mereka dari kelompok lain
  • Kelompok mencocokkan dan membahas hasil kerja mereka

STRATEGI CERAMAH PLUS
10 Saran Memaksimalkan Metode Ceramah:
a. Membangun minat siswa:
1.      Awali dengan cerita atau gambar/ ilustrasi menarik
2.      Ajukan kasus atau masalah
3.      Ajukan pertanyaan
b. Maksimalkan pemahaman dan ingatan/kesan siswa:
4.      Berikan kata-kata kunci
5.      Beri contoh dan analogi
6.      Gunakan multimedia visual/ Audio visual atau media lainnya.
c. Melibatkan siswa:
7.       Beri kesempatan siswa menjawab pertanyaan dan memberi contoh
8.      Selingi penyajian dengan aktivitas singkat (kondisional)
d.  Memperkuat pembelajaran:
9.      Terapkan materi pembelajaran pada masalah
Minta siswa mengkaji ulang ma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PORTOFOLIO RANGKUMAN TUGAS PEMBATIK LEVEL 4 TAHUN 2023

Tidak terasa perjalanan yang luar biasa hingga sampai pada titik ini. Langkah demi langkah, menyelesaikan tugas demi tugas yang tentunya ber...