Kompetensi : Mahasiswa
dapat memahami manajemen pengembangan media pembelajaran sederhana.
Pembelajar perlu melakukan penerapan fungsi-fungsi
manajemen/pengelolaan kelas belajar. Adapun fungsi manajemen yang perlu
dilakukan oleh pembelajar adalah:
1.
Perencanaan
: memuat tujuan kegiatan, menjadi kontrol pelaksanaan kegiatan, menunjukkan
struktur sistematis terhadap pelaksanaan kegiatan yang sistematis, memberika
tolak ukur dengan evaluasi, dapat dijadikan acuan pelaksanaan kegiatan
berikutnya dan mendiskripsikan langkah-langkah pelaksanaan kegiatan.
2.
Pelaksanaan
: merujuk pada perencanaan yang disusun.
3.
Kontrol
: pengawasan dilakkukan secara terus menerus dalam pelaksanaan proses belajar
mengajar.
4.
Evaluasi
: melakukan evaluasi meliputi evaluasi input, proses dan hasil.
Manajemen
pengembangan media pembelajaran sederhana dilakukan oleh pembelajar dengan
tahapan:
Analisis
kebutuhan dan karakteristik pebelajar, merumuskan tujuan pembelajaran, materi
pembelajaran penyusunan pembuatan media pembelajaran sederhana, alat penyusunan
pembuatan media pembelajaran sederhana, penulisan narasi dengan penyusunan
pembuatan media pembelajaran sederhana, dan yang terakhir melakukan tes dan
perbaikan.
Langkah-langkah
penyusunan pembuatan media pembelajaran sederhana:
Ide,
menganalisis kebutuhan dan karakteristik pebelajar, merumuskan tujuan,
menentukan materi, menentukan jenis media, menentukan treatmen dan partisipasi
pebelajar, membuat sketsa, menentukan bahan dan alat untuk produksi, perumusan
alat pengukur keberhasilan, penyuntingan, uji coba dan yang terakhir
melaksanakan kegiatan dan mengetes hasil.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar