Selasa, 28 Oktober 2014

Memahami manajemen pengembangan media pembelajaran sederhana.



Kompetensi     : Mahasiswa dapat memahami manajemen pengembangan media pembelajaran sederhana.

Pembelajar perlu melakukan penerapan fungsi-fungsi manajemen/pengelolaan kelas belajar. Adapun fungsi manajemen yang perlu dilakukan oleh pembelajar adalah:
1.      Perencanaan : memuat tujuan kegiatan, menjadi kontrol pelaksanaan kegiatan, menunjukkan struktur sistematis terhadap pelaksanaan kegiatan yang sistematis, memberika tolak ukur dengan evaluasi, dapat dijadikan acuan pelaksanaan kegiatan berikutnya dan mendiskripsikan langkah-langkah pelaksanaan kegiatan.
2.      Pelaksanaan : merujuk pada perencanaan yang disusun.
3.      Kontrol : pengawasan dilakkukan secara terus menerus dalam pelaksanaan proses belajar mengajar.
4.      Evaluasi : melakukan evaluasi meliputi evaluasi input, proses dan hasil.

Manajemen pengembangan media pembelajaran sederhana dilakukan oleh pembelajar dengan tahapan:
Analisis kebutuhan dan karakteristik pebelajar, merumuskan tujuan pembelajaran, materi pembelajaran penyusunan pembuatan media pembelajaran sederhana, alat penyusunan pembuatan media pembelajaran sederhana, penulisan narasi dengan penyusunan pembuatan media pembelajaran sederhana, dan yang terakhir melakukan tes dan perbaikan.

Langkah-langkah penyusunan pembuatan media pembelajaran sederhana:
Ide, menganalisis kebutuhan dan karakteristik pebelajar, merumuskan tujuan, menentukan materi, menentukan jenis media, menentukan treatmen dan partisipasi pebelajar, membuat sketsa, menentukan bahan dan alat untuk produksi, perumusan alat pengukur keberhasilan, penyuntingan, uji coba dan yang terakhir melaksanakan kegiatan dan mengetes hasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PORTOFOLIO RANGKUMAN TUGAS PEMBATIK LEVEL 4 TAHUN 2023

Tidak terasa perjalanan yang luar biasa hingga sampai pada titik ini. Langkah demi langkah, menyelesaikan tugas demi tugas yang tentunya ber...